PERAN PERMAINAN EDUKATIF DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI PAUD UMMUL HABIBAH KELAMBIR V MEDAN

Asmidar Parapat, Sofni Indah Arifah Lubis, Tumiran Tumiran

Abstract


Anak usia dini merupakan masa keemasan karena anak mengalami pertumbuhan fisik dan non fisik yang cepat, yang menentukan sikap dan ciri masa depan mereka. PAUD memiliki permainan edukatif. Tanpa permainan ini, anak-anak akan bosan saat belajar. Jadi instruktur dan orang tua harus memilih permainan belajar yang sempurna untuk anak-anak. Penelitian ini mendeskripsikan tentang pentingnya permainan edukatif dalam pembelajaran anak usia dini di PAUD Ummul Habibah, Desa Kelambir V, Medan, dan jenis-jenis permainan yang dapat digunakan. Penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif. PAUD Ummul Habibah Desa Kelambir V Medan memiliki 5 pengajar. Jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 5 orang. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif persentase. Penelitian ini menemukan bahwa alat permainan edukatif seperti lego, jungkat-jungkit, menara lingkaran, menara geometri, origami, bola karet, buku cerita bergambar, congklak, perosotan, ayunan, jembatan goyang, bola dunia, kereta puta, dan kereta ayun di PAUD Ummul Habibah Desa Kelambir V Medan dapat membantu anak-anak belajar. Pengajar PAUD Ummul Habibah di Desa Kelambir V Medan mengatakan, permainan edukatif sangat membantu untuk pembelajaran. Indikasi keterampilan motorik menunjukkan hal ini. (1) Bagi orang tua diharapkan dapat memilih jenis alat permainan edukatif apa yang cocok dan bermanfaat untuk kebutuhan perkembangan anak dalam pembelajaran anak usia dini. (2) Bagi Lembaga PAUD Ummul Habibah Desa Kelambir V Medan diharapkan dapat memilih dan merancang permainan edukatif apa saja yang sesuai dan bermanfaat dalam pembelajaran anak usia dini. (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melengkapi penelitian ini.

 


Keywords


Permianan Edukatif, Pembelajaran AUD

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariesta Riany. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar untuk Anak Usia 0

Tahun. Bandung: PT. Sandiarta Sukses.

Bawono, Yudho. 2007. Memilih Mainan Buat Si Kecil. Majalah Psikologi

Direktorat Pendidikan Anak Dini Usia. 2003. Pembuatan dan Penggunaan APE

(AlatPermainan Edukatif) Anak Usia 3-6 Tahun. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, M. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati. 2013. Metode Permainan-Permainan Edukatif

dalam Belajar Bahasa Arab. Jogjakarta: Diva Press.

Habibi MA. Muazar. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini (Buku Ajar S1 PAUD).

Yogyakarta: Deepublish.

Ismail Andang. 2006. Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan

Kustiawan Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera.

Pangastuti Ratna. 2014. Edutainment PAUD. Pustaka Pelajar.

Sumiyati. 2011. PAUD Inklusi Paud Masa Depan. Yogyakarta: Cakrawala Institute.

Sumiyati. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Cakrawala

Institute.

Suyadi. 2009. Permaianan Edukatif yang Mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books

(Ihdina). Plus Vol. II No. 11 Juli 2007. Semarang: PT Niko Sakti.

Suyanto Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Wiyani Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: PT.Gava Media.

Sr. Astrid CB, dkk. 2009. Permainan Edukatif Oke Baca Tulis Awal untuk TK dan SD Kelas 1, Yogyakarta: Kanisius.

Sudono Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan (Untuk Pendidikan Usia Dini), Jakarta, PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3408-3419

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.