PELAKSANAAN PUBLIC RELATION DI BALAI BESAR PENELITIAN TANAMAN PADI SUKAMANDI

Irpan Irpan, Ana Fitriana Poerana, Muhammad Ramdhani

Abstract


Dalam suatu organisasi atau lembaga perlu adanya komunikasi antara organisasi dengan pihak luar atau masyarakat dalam hal ini BBPTP sebagai suatu lembaga dan petani, kementrian pertanian serta stokeholder lainnya sebagai publik. Menurut Djanalis Djanaid yang dikutip oleh Kusumastuti (2002: 22), “ada dua fungsi public relations yaitu fungsi konstruktif dan fungsi  korektif”. Dalam fungsi konstruktif ini, public relations mendorong semua aktivitas/ kegiatan yang dilakukan perusahaan/ organisasi sehingga dapat terencana dan berkesinambungan yang cenderung bersifat proaktif. Sedangkan dalam fungsi korektif, public relations diibaratkan sebagai pemadam kebakaran, artinya apabila sebuah perusahaan/organisasi terjadi masalah-masalah dengan publik, maka dapat segera mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengamati fenomena sosial dengan menghasilkan data dekskriptif berupa kata – kata tertulis maupun lisan dari perilaku atas fenomena tersebut. Menurut Denzin dan Licoln (dalam Moleong, 2007:5). Berdasarkan pembahasan yang telah di uraikan peneliti mendapatan tujuan public relation dalam BBPTP. (1). Untuk mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan adanya kegiataan dan menurut penulis sudah mendeskripsi kan bahwa instansi BBPTP sangat peduli terhadap perkembangan masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat dan cara m,emelihara tanaman padi yang di ajukan (2)Untuk meciptakan identitas baru yang mencioptakan sebuah perubahan dalam sistem pemberian informasi yang lebih pantas dan bisa di mengerti oleh kalangan muda.(3)Untuk menyebarkan informasi melalui website internet yang menuju ke pada kawula muda agar bisa ikut berpartisipasi ingin mengetahui bagaimana cara menaman dan merssawat tanaman padi yang di lakukan oleh instansi ini.


Keywords


public Relations, Kualitatif, BBPTP

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, Oemi. 1995. Dasar-dasar Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Arikunto, S. 2007.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi. Jakarta: Rineka Apta.

Assumta, Sr Maria Rumanti. 2002. Dasar-Dasar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta : PT Grasindo

Canfield, Bertrand R. 1964. Public Relations Principls, Cases and Problem Fourth Edition. Richard D. Irwin. Inc. Home. Illinois.

Coulson, Thomas Collin. 2002. Public Relations: Pedoman Praktis Untuk Humas. Jakarta: Bumi Aksara.

Danandjaja. 1985. Peranan Humas dalam Perusahaan. Bandung: Alumni.

Danandjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchjana. 1998. Human Relations dan Public Relations dalam Manajemen. Bandung:CV Mandar Maju.

Effendy, Onong Uchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Terjemahan Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kumariyah, Tutik. 2016. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus di Perusahaan Pringsewu Baturraden Purwokerto). Jurnal. Purwokerto.

Kusumastuti, Frida. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. 2004. Ilmu komunikasi :Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2004. Komunikasi Efektif, Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bansung : Rosda.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2002. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Satlita, Lena. 2006. Strategi Komunikasi Organisasi Dalam Menghadapi Krisis Organisasi. Yogyakarta: UNY (FIS UNY).

Satlita, Lena. 2011. Aktivitas Public Relations Dalam Rangka Membina Hubungan Baik Dengan Media Massa: staf pengajar pada program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Yogyakarta.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2008. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3370-3375

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.