PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN BURGER KING GALUH MAS KARAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pelanggan Burger King Galuh Mas Karawang. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication. Uji validitas dan reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach. Uji validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24 for windows. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 63.871 yang semuanya merupakan para pelanggan Burger king di Galuh Mas Karawang pada tahun 2020. Sampel diambil menggunakan rumus dari Slovin yang hasilnya berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 24 for windows. Hasil dari penelitian ini adalah direct marketing, public relations dan interactive marketing secara stimultan berpengaruh pada keputusan pembelian. Hal ini karena, hasil pada F hitung > nilai F tabel (40,404 > 2,70) dan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Lalu didapati nilai R Square sebesar 0,558. Sehingga dapat disimpulkan bahwa integrated marketing communication memiliki pengaruh sebesar 55,8% terhadap variabel keputusan pembelian, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka, dapat disimpulkan bahwa pada variabel direct marketing, public relations dan interactive marketing hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa penggunaan direct marketing, public relations dan interactive marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Belch, G. E. (2009). Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective (8th Edition) . New York: McGraw Hill.
Budi.S, P. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Darmawan, D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Edi Suryadi, D. D. (2019). Metode Penelitian Komunikasi Dengan Pendekatan Kuanttatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
George E Belch, B. M. (2001). Advertising and Promotion (Vol. 5). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Keller, K. d. (2009). Managemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Customer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, Volume 8, 86.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder Edisi Revisi 2. Jakarta: Rajawali Pers.
Phillip Kotler, G. A. (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Phillip Kotle, G. A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian . Bandung: Alfabeta .
Schultz, D. &. (2004). IMC The Next Generation. New York: McGraw Hill.
Shimp, A. T. (2010). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. South Western: Cengage Learning.
Shimp, A. T. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan KomunikasiTerpadu Jilid 1 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Silalahi, U. (2018). Metodologi Analisis Data Dan Interpretasi Hasil Untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: Refika Aditama.
Sudaryono, D. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, ed.3. Yogyakarta: ANDI.
Zikmund, W. G. (1997). Business Research Methods. New York: USA : Dryden Press Hill.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3268-3278
Article Metrics
Abstract view : 1259 timesPDF - 680 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.