MOTIF KETERGANTUNGAN KONSUMEN PADA PENGGUNAAN LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY DI KABUPATEN KARAWANG

Ayunda Camelia, Ana Fitriana Poerana, Oky Oxcygentri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran layanan online food delivery di tengah kehidupan masyarakat. Kegiatan transaksi jual beli makanan yang biasanya dilakukan secara konvensional kini dapat dijangkau dengan menggunakan teknologi. Hal tersebut membuat konsumen semakin mudah untuk menjangkau kebutuhannya. Kemudahan ini ternyata membawa dampak pada konsumen yang menjadi ketergantungan pada penggunaan layanan online food delivery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif yang melatarbelakangi pengguna dalam ketergantungan menggunakan layanan online food delivery, mengetahui makna ketergantungan yang terbentuk serta untuk mengetahui pengalaman yang dialami para konsumen pada penggunaannya. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi Alfred Schutz. Metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ditemukan motif ketergantungan konsumen pada penggunaan layanan online food delivery di Kabupaten Karawang, yaitu karena kebutuhan pada saat bekerja, adanya rasa malas, faktor lingkungan, adanya pemenuhan kepuasan diri, adanya pemenuhan kebutuhan primer sehari-hari, dan sebagai sarana berbagi rezeki pada driver.


Keywords


Online food delivery, Motif ketergantungan konsumen, Fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Alika, R. (2019). Layanan Pesan Antar Go Food dan GrabFood Ubah Perilaku Konsumen. Diakses dari https://katadata.co.id/pingitaria/digital/5e9a555012c38/layanan-pesan-antar-go-food-dan-grabfood-ubah-perilaku-konsumen

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Anshori, I. (2018). Melacak State of The Art Fenomenologi Dalam Kajian Ilmu-Ilmu Sosial. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 165–181. https://doi.org/10.21070/halaqa.v2i2.1814

Arifin, N., & Firdaus, M. (2018). KONSTRUKSI MAKNA BAGI WANITA PENGGUNA VAPE DI KOTA PEKANBARU. JOM FISIP, 5(1).

Bestari, D., & Wirman, W. (2016). KONSTRUKSI MAKNA PUNK BAGI ANGGOTA KOMUNITAS PUNK DI KOTA PEKANBARU. JOM FISIP, 3(2), 1.

BPS Jabar. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kabupaten/Kota (Jiwa), 2018-2020. Diakses dari https://jabar.bps.go.id/indicator/12/133/1/jumlah-penduduk-menurut-kabupaten-kota.html

Fauzi, R. M. (2018). Fenomena Pengguna Aplikasi OMETV di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung.

Firmansyah, M. A. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/329587407

Lusiani, N. (2020). Hubungan Antara Psikologi dan Kemajuan Teknologi. Diakses dari https://academia.edu/41671975/HUBUNGAN_ANTARA_PSIKOLOGI_DAN_KEMAJUAN_TEKNOLOGI_Nofita_Lusiani

Noviyanti, D. I., Poerana, A. F., & Oxcygentri, O. (2022). KONTRUKSI MAKNA FANGIRLING (STUDI FENOMENOLOGI PADA FAN ACCOUNT TWITTER PENGGEMAR IU DI KALANGAN FOLLOWERS @_IUINDONESIA). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 813–821. https://doi.org/10.31604/jips.v9i2.2022.813-821

Nurul Az-zahra, H., Aries Tantya, V., & Cipta Apsari, N. (2021). LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 156–165.

Retno, D., Hastuti, D., Saleh, M., Eymal, A., & Demmallino Rahmadanih, B. (2018). Mazhab Teori Sosial.

Ridaryanthi, M. (2014). BENTUK BUDAYA POPULER DAN KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMEN STUDI TERHADAP REMAJA. In Jurnal Visi Komunikasi (Vol. 13, Issue 01).

Setyowati, D. (2019). Layanan Pesan-Antar Makanan Jadi Tren, Riset Nielsen: GoFood Pionirnya. Diakses dari https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/5e9a4e6d3947a/layanan-pesan-antar-makanan-jadi-tren-riset-nielsen-gofood-pionirnya

Sipahutar, C. M., Poerana, A. F., & Nurkinan. (2021). PENGALAMAN KOMUNIKASI CURHAT ANONIM BAGI FOLLOWERS @18AUTOBASE DI TWITTER. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 4(2), 56–74.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITITATIF DAN R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3252-3259

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.