PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH TERHADAP KEPUASAN PEMOHON PADA KANTOR BPN KOTA BANDUNG

Ekki Khaerunia Ruhendy

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data untuk pengujian hipotesis menggunakan pengisian kuesioner yang ditunjukan kepada 75 responden pemohon yang menerima pelayanan pembuatan sertifikat tanah di BPN Kota Bandung. Berdasarkan hasil koefisien regresi yang menunjukan arah positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pemohon, dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas pelayanan (X) meningkat maka kepuasan pemohon (Y) juga akan meningkat ataupun sebaliknya. Hasil Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,845 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan (X) terhadap variabel kepuasan pemohon (Y) yaitu sebesar 84,5%. Berdasarkan hasil koefisien determinasi secara parsial, menunjukan diantara keseluruhan indikator kualitas pelayanan, empati memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan pemohon, kemudian disusul oleh indikator keyakinan, keandalan, keresponsifan, serta indikator yang memiliki pengaruh paling lemah terhadap kepuasan pemohon ialah indikator bukti fisik. Berdasarkan hasil uji t, seluruh hipotesis diterima dengan artian bahwa indikator keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, serta bukti fisik seluruhnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pemohon

Keywords


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pemohon, Pelayanan Publik, Pembuatan Sertifikat Tanah, BPN Kota Bandung.

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, J. (2019). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bina Taruna Gorontalo Volume VI Nomor 2.

Aesthetika, N. M. (2018). 1 | K o m u n i k a s i Interpersonal. 211-Article Text-5458-1-10-20210824

Basarah, R. S. (2020, Maret 04). Republika. Retrieved from Republika.co.id: https://www.republika.co.id/berita/q6o4dj352/pelayanan-bpn-kota-bandung-bisa-menjadi-role-model

Damanik, M. V. R. (2018). Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana di Fakultas Psikologi di Universitas Medan Area.

Data Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandung

Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pembuatan E-KTP di Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan). Journal of Office Administration: Education and Practice Volume 1 Issue 2.

Hardianti. (2020). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Sertifikat Tanah Kantor pertanahan Di Kabupaten Luwu Timur.

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik - Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Gava Media, 250.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/Kep/M.Pan/7/2003 TENTANG PEDOMAN UMUM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia 55 (2003). http://eprints.uanl.mx/5481/1/1020149995.PDF

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : Kep/25/M.Pan/2/2004, 7 Pan 7 (2004). https://www.atrbpn.go.id/Publikasi/Peraturan-Perundangan/Peraturan-Lain/keputusan-menteri-pendayagunaan-aparatur-negara-nomor-kep25mpan22004-609

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah

Kurniawan, S. (2020, Juli 22). Radar Mojokerto. Retrieved from Jawapos.com: https://radarmojokerto.jawapos.com/berita-daerah/mojokerto/22/07/2020/layanan-adminduk-online-dikeluhkan

Kusmaryanto. (2017). PENDAFTARAN AKTA JUAL BELI YANG MELEBIHI JANGKA WAKTU PENDAFTARAN TANAH DI KANTOR AGRARIA DAN TATA RUANG/BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA SEMARANG. Icassp.

Maisarah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Makasar. 6.

Muhlis, & Rahmania, D. (2019). Pengaruh Kualitas Loket Pendaftaran Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Economicus, Vol. 13 No. 1.

Mukminin, F. A. (2021, Desember 23). Tribun Jabar. Retrieved from jabartribunnews.com: https://jabar.tribunnews.com/2021/12/23/pembuatan-sertifikat-tanah-dinilai-lama-kantor-atrbpn-cianjur-digerudug-massa

Mustika, Herman, M., & Anhar, D. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Sertipikat di Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kota Banjarmasin. Notarius, vol. 13, no. 2.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Journal Artikel, 20.

Penjelasan umum atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, Undang-Undang No.5 Tahun 1960 1 (2004).

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, (2017). https://doi.org/10.1016/0014-4827(75)90518-2

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2020 Tentang Badan Pertanahan Nasional, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 1 (2020).

PP Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah, (1997).

Rajab, R. A., Turisno, B. E., & Lumbanraja, A. D. (2020). Sertifikat Hak Atas Tanah Dalam Kepastian Hukum Pendaftaran Tanah. Notarius, Volume 13 No. 2.

Ratnasari, D. (2015). Pengaruh Tingkat Ekspektasi dan Kinerja Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Melalui Diskonfirmasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya). Kebijakan Dan Manajemen Publik Volume, 3(April), 1–12. http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp092f91905efull.pdf

Roem, E. R., & Sarmiati. (2019). Komunikasi Interpersonal. Malang: Penerbit CV IRDH.

Suandi. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di kantor Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), Vol.1 No.2.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. Gregorius, Chandra. 2007. Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Undang-Undang (UU) Tentang Pelayanan Publik (2009). https://doi.org/10.1038/132817a0

Undang-Undang (UU) Tentang Pelayanan Publik,




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3218-3229

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.