STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PRODUK TASTE-ME MELALUI INSTAGRAM

Moch Sugiharto, Diana Amalia

Abstract


Penggunaan media sosial instagram telah menjadi salah satu kebutuhan pada saat ini. PT. Sumber Tirta Hakiki menggunakan instagram melalui akun @tastemerecipe untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran terhadap produk Taste-Me. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran digital produk taste-me melalui instagram. Pada Maret 2021 hanya memiliki pengikut sebanyak 5 ribu, kemudian naik drastis pada Desember 2021 menjadi sebanyak 16 ribu. Dengan menggunakan model SOME (Search, Optimize, Manage, Engage) dari Regina Lutrell. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah PT. Sumber Tirta Hakiki memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital dengan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan  followers dan penjualan produk Taste-me.


Keywords


Komunikasi pemasaran digital, Instagram, The Circular Model of SOME.

Full Text:

PDF

References


Agustini, P. (2021, September 21). Warganet Meningkat, Indonesia Perlu Tingkatkan Nilai Budaya di Internet. Aptika.Kominfo.Go.Id.

Aipassa, J. (2021, December 11). Rincian Biaya Memulai Bisnis Online, Cukup di Bawah Rp10 Juta. Https://Www.Inews.Id/Finance/Bisnis/Rincian-Biaya-Memulai-Bisnis-Online-Cukup-Di-Bawah-Rp10-Juta.

Cangara Hafied. (2020). Perencanaan & Strategi Komunikasi. In Rajawali Pers.

Dahono, Y. (2021, February 15). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com.

Dinas Perindustirian Provinsi Sumatera Selatan. (2020, April 15). MEMBUAT KONTEN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN BASIS FOLLOWERS DI INSTAGRAM. Https://Simfonis.Sumselprov.Go.Id/Blogsite/Seputar-Ikm/Literasi/272-Membuat-Konten-Yang-Efektif-Dalam-Meningkatkan-Basis-Followers-Di-Instagram.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (2011). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kemp, S. (2021, February 11). Digital 2021: Indonesia. Https://Datareportal.Com/Reports/Digital-2021-Indonesia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran edisi kedua belas jilid 1. Penerbit: PT. Indeks. Jakarta.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Journal of Management Studies, 11, 217–225.

Kusumasari, P. W. (2018). Peran Online Engagement Pada Pengaruh Time Post dan Waktu Post di Instagram Terhadap Minat Beli.

Luttrell, R. (2015). Social Media : how to engage, share, and connect. Rowman & Littlefield.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Miles and Huberman 1994.pdf. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.

Moelong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. PT. Remaja Rosdakarya.

Puntoadi, D. (2011). Menciptakan Penjualan via Social Media. In Business & Economics , E-Commerce.

Sangaji, H. (2021). PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN ONLINE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Akun Instagram lavanilla_photography).

Susanto, D. (2011). ANALISIS PENGARUH EFEK KOMUNITAS DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP TERHADAP MEREK (ATTITUDES TOWARD BRAND) PADA KONSUMEN NOTEBOOK MEREK ACER DI KOTA SEMARANG. Universitas Diponegoro.

Tjiptono, F. (2009). Strategi Pemasaran Edisi III. (Yogyakarta: Andi Offset, 2008). 19. Journal Information, 10(3).

Utami, F. A. (2022, April 1). Apa Itu Content Planning? Https://Wartaekonomi.Co.Id/Read404250/Apa-Itu-Content-Planning.

Widjono H.S. (2005). Bahasa Indonesia : mata kuliah pengembangan kepribadian di Perguruan Tinggi. Gramedia Widia Sarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3193-3200

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.