PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS KOMIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA DI KELAS XI IPS SMA PGRI 1 PALEMBANG
Abstract
Media ajar berbasis komik merupakan cerita yang memiliki tekanan gerakan dan tindakan ditampilkan melalui rangkaian gambar dibuat khusus dengan tuntunan kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media ajar berbasis komik pada materi mitigasi bencana di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan metode Research and Developmet (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Populasi dan subjek penelitiannya berjumlah dua puluh siswa dikelas XI IPS.1 di SMA PGRI 1 Palembang dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk media ajar berbasis komik pada materi mitigasi bencana yang telah diuji valid dan kelayakan oleh ahli media mendapatkan hasil 90%, ahli materi mendapatkan hasil 100%, dan tingkat respon peserta didik mendapatkan hasil 94,5%. Untuk media ajar berbasis komik pada materi mitigasi bencana sangat baik dilakukan pengembangan dan digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS SMA PGRI 1 Palembang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilla, C. R. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis komik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 52–62.
Ardewati, N., Marizka, F., Darman, R., & Namora, J. (2018). Implementasi Business Inteligence Menentukan Daerah Rawan Gempa Bumi di Indonesia dengan Fitur Geolokasi. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 2(1), 13. https://doi.org/10.26740/jieet.v2n1.p13-18
Elsa Frizani, D., Laila Nugraha, A., & Awaluddin, M. (2021). Pengembangan Webgis Untuk Informasi Kerentanan Terhadap Ancaman Banjir. Jurnal Geodesi Undip, 10(2), 11–18.
Fradani, A. C., & Astuti, R. P. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Komik Untuk Siswa Di Smk Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 111. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p111-120
Hidayah, N., & Negerikaton, R. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran 34. 4, 34–46.
Ikhlasiyah, E. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pai Di Sma Uii Yogyakarta. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 226–239.
Khairul Rahmat, H., & Alawiyah, D. (2020). Konseling Traumatik: Sebuah Strategi Guna Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34–44. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i1.372
Rahmawati, D., & Suhartono, S. (2019). Pendidikan Lingkungan Melalui Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. FKIP E-PROCEEDING, 119–128. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11930
Sinaga, L. A. (2021). Pemanfaatan SIG Dan Penginderaan Jauh Untuk Pengendalian Mitigasi Bencana Banjir Di Kota Medan. 1(2015), 20–22.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3286-3294
Article Metrics
Abstract view : 164 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.