PERAN KEPALA DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA KEDAWUNG

Rizzka Aulia Anggriani, Haura Atthahara, Rachmat Ramdhani, Evi Priyanti

Abstract


Era reformasi saat ini telah berlangsung dengan melahirkan produk penting yaitu berupa otonomi daerah. Otonomi Daerah sebenarnya merupakan perwujudan dari sebuah demokrasi yang telah diamanatkan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Tujuan dilaksanakannya Otonomi Daerah yakni untuk meningkatkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemerintahan desa merupakan kesatuan pemerintahan yang terdapat di dalam pemerintahan daerah. Pemerintahan Desa dianggap sebagai parlemen desa memiliki arti yang penting. Dengan adanya kepala desa, mulai diakui perlunya suatu pemisahan antara fungsi legislatif dan fungsi eksekutif. Selain itu, adanya keberadaan kepala desa berarti tersedianya jalan bagi rakyat untuk menyampaikan atau mengemukakan pikiran, aspirasi, serta kepentingannya. Keberadaan pemerintahan desa akan menjadi instrument positif untuk mendorong demokrasi. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian pendekatan kuantitaif. Metode ini menjawab masalah penelitian yang berkaitan dengan data berupa narasi yang bersumber dari aktivitas wawancara, pengamatan, penggalian dokumen. Tujuan penlitian yaitu mengetahui peran Kepala Desa dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Kedawung, dan untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam menjalankan program pembangunan baik yang sudah terlaksana maupun yang belum terlaksana di Desa Kedawung.


Keywords


Peran, Kepala Desa, Desa

Full Text:

PDF

References


Dr. Wahidmurni, M. P. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif.

Haryadi, D. (2018). “Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Pesisir (Studi Kasus Pembangunan Pelantar di Desa Mantang Lama Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan 2015).” 1–20.

Hendrik, O. (2013). Peran Kepala Desa dalam Penyelenggaraan Pembangunan Desa Tanjung Keranjang Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. Ilmu Pemerintahan, 1.

Ningrum, L., Mahardhani, A. J., & Utami, P. S. (2021). Peran Kepala Desa Terhadap Pembangunan di Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 12.

Numan, A. (2013). Peranan Kepala Desa dalam Pembangunan di Desa Timpuk Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Paru, S., Kaunang, M., & Sumampouw, I. (2019). Peran Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Salibabu Kecamatan Salibabu. Ilmu Pemerintahan, 2.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Desa, (2014).

Sala, M., Suciati, & Iswahyudi, D. (2019). Peran Kepala Desa dalam Melaksanakan Pembangunan Desa. 3.

Sudadi. (2020). Analisis Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah (Studi di MI Muhammadiyah Madureso Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen).

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3184-3192

Article Metrics

Abstract view : 235 times
PDF - 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.