PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR PPKNPESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ULU BARUMUN TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017

Ahmad Husein Nasution, Ali Nurdin Siregar

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini  adalah Apakah ada perbandingan model pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran produktifterhadap minat belajar PPKn peserta didik di kelas X SMA Negeri 1Ulu Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017“?

Dengan rumus yang dipergunakan untuk menguji hipotesis dimaksud adalah rumus “t-test polled varians.”

Dari perhitungan t-test polled varians tersebut maka t-hitungnya adalah 6,667 dengan melihat daftar t-tabel dengan jumlah sampel 60 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 dan taraf kesalahan 5% adalah Sesuai dengan ketentuan jika thitung> ttabel dengan kata lain (6,667< 2000) maka hipotesis altematif (Ho) dapat diterima. Dari perhitungan di atas, maka hipotesis alternatif (Ho) menyatakan: “Ada perbandingan  model pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran produktif  terhadap minat belajar PPKnpeserta didik di kelas X SMA Negeri 1Ulu Barumun Tahun Pelajaran 2016-2017“?

 Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung 6,667 sedangkan nilai ttabel = 2000, ini  menunjukkan thitung> ttabel, artinya ada perbandingan  model pembelajaran kreatif dengan model pembelajaran produktif  terhadap minat belajar PPKnSehingga penulis berasumsi bahwa dengan melakukan berbagai model pembelajaran akan menunjukkan suatu minat  belajar dan prestasi belajar peserta didik dalam menerima proses.

 

KataKunci :Model Pembelajaran Kreatif Dengan Model Pembelajaran ProduktifTerhadap Minat Belajar PPKn


References


Azwar, Syaifuddin, 2010, Metode Penelitian. Yogyakarta,Pustaka Pelajar.

Ali, Muhammad,2007, Penelitian Pendidikan dan Strategi,Bandung Tarsito.

A.M. Sardiman, 2009.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta :Raja

Grafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi, 2008, Metodologi Penelitian Sosial Ekonmi Yogyakarta

CV.Andi

Arikunto, Suharsimi, 2006, Pengantar Prosedur penelitian Suatu Pendekatan

Praktik Jakarta Bumi Aksara.

--------------, ----------, 2006, Manajemen Penelitian ,Jakarta:Rineka Cipta.

Anwar, Dessy, 2006, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.Penerbit Surabaya

Anni, 2006, Psikologi Belajar, Semarang,UPT UNNES,Press.

B. Uno, Hamzah. 2006, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta.Bumi Aksara.

Burhan Bungin, 2011, Metodologi Penelitian Kuantitatif,Jakarta,Kencana.

Darsono, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Semarang, IKIP.

Djaali, 2009, Psikologi Penedidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

--------, 2013, Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta.

Hamdani , 2006, Model- model Pembelajaran,Jakarta.Bumi Aksara.

Hamdani, 2011, Strategi Belajar Mengajar, Bandung, CV. Pustaka Setia.

Hamalik,Oemar, 2006, Kurikulum dan Pengajaran, Bandung: Bumi Aksara.

Nazir, Muhammad, 2006, Metode Penelitian.Jakarta :PT Rineka Cipta.

Mudhofir, 2009, Kamus Etika, Jakarta : Pustaka Pelajar.

Mardiyatmo, 2007, Ekonomi Bandung : Yudhistira.

S. Jujun. 2006, .Prosedur Penelitian, Jakarta.Tarsito.

Sutisna, 2007, Ekonomi Bandung : Yudhistira.

Sudarsono,2008, Pengantar teori Ekonomi bandung : Yudhistira.

Sudjana, Nana,2009, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar,

Bandung Sinar Baru.

Sudjana, Nana , 2006,Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung,Sinar Baru

Alegensindo.

Sudjana, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sutikno, Sobry, 2010, Strategi Belajar Mengajar,konsep umum dan islami

Jakarta Refika Aditama.

Sanjaya, Wina, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan Jakarta Kencana Prenada Media Group.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:

Rineka Cipta.

-----------------, 2010, Informasiku.Com, Jakarta.

Sardiman, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Usaha Nasional.

Supiah, 2007, Managemen Pendidikan , Jakarta : Penerbit Andi Offset.

Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Administrasi,Bandung ,Alfabeta.

Kamus besar Bahasa Indonesia, 2006, Defenisi Belajar, Jakarta.PT.Rineka Cipta.

Istarani, 2012, 58 model Pembelajaran Inovatif,Media Persada ,Medan.

Treffinger, 2011, pengembangan kreativitas anak, Jakarta.

Trianto. 2009, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Surabaya

Kencana Prenada media Group.

Trianto, 2007, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik, Jakarta :

Prestasi Pustaka.

Walgito, 2005, Pengelolaan Kelas Belajar, Yogayakarta: AN Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i1.2019.112-119

Article Metrics

Abstract view : 454 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 576 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.