PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X.AKT.1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022
Abstract
Berdasarkan penelitian yang dilakukan SMK Muhammadiyah 14 Siabu Tahun Ajaran 2021-2022 tentang peran kolaborasi (partnership) guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang studi akuntansi dimana dengan penyebaran angket yang dilakukan di kelas X.Akt. dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang peserta didik berdasarkan perhitungan statistik SPSS nilai signifikan nilai t hitung (7,5757) > t tabel (1.692) artinya berpengaruh terhadap variabel Y. Menunjukkan bahwa hipotesa yang penulis tetapkan dimana menunjukkan ada peran kolaborasi (partnership) guru dan orang tua dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang studi akuntansi di kelas X.Akt.1 SMK Muhammadiyah 14 Siabu Tahun Ajaran 2021-2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi, 2009, Menejemen penelitian. Jakarta, PT.Rineka Cipta
_______________, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta
Azwar Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offse
Akbar Reni dan Hawadi, 2016, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta, Grassindo.
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta
Sukardi, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara
Sudjana, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara
Sumantri S.Surya,Jujun, 2008, Prosedur Penelitian, Jakarta, Tarsito
Sudjana Nana, 2009, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1505-1510
Article Metrics
Abstract view : 136 timesPDF - 94 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.