PERAN KOLABORASI (PARTNERSHIP) GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI AKUNTANSI DI KELAS X.AKT.1 SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN AJARAN 2021-2022

Yani Sukriah Siregar, Rajab Ansori, Lanni Kholilah

Abstract


Berdasarkan penelitian yang dilakukan SMK Muhammadiyah 14 Siabu Tahun Ajaran 2021-2022 tentang peran  kolaborasi  (partnership)  guru  dan  orang tua dalam  meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang studi akuntansi dimana dengan penyebaran angket yang dilakukan di kelas X.Akt. dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 35 orang peserta didik berdasarkan perhitungan statistik SPSS nilai signifikan nilai t hitung  (7,5757) > t tabel  (1.692) artinya  berpengaruh terhadap variabel Y. Menunjukkan bahwa hipotesa yang penulis tetapkan dimana menunjukkan ada peran kolaborasi  (partnership)  guru  dan  orang tua dalam  meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang studi akuntansi di kelas X.Akt.1 SMK Muhammadiyah 14 Siabu Tahun Ajaran 2021-2022.


Keywords


Kolaborasi (Partnership) Guru Dan Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2009, Menejemen penelitian. Jakarta, PT.Rineka Cipta

_______________, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta

Azwar Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar Offse

Akbar Reni dan Hawadi, 2016, Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta, Grassindo.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta

Sukardi, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara

Sudjana, 2008, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara

Sumantri S.Surya,Jujun, 2008, Prosedur Penelitian, Jakarta, Tarsito

Sudjana Nana, 2009, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1505-1510

Article Metrics

Abstract view : 136 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.