HUBUNGAN ANTARA PEMBERITAAN VAKSINASI COVID-19 DI KOMPAS.COM DENGAN PERILAKU PEMBACANYA UNTUK MELAKUKAN VAKSINASI

Muhammad Rizki Maulana, Weni Adityasning Arindawati, Luluatu Nayiroh

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan tayangan hubungan pemberitaan perilaku pada media Kompas.com dengan masyarakat. Metode penelitian memanfaatkan paradigma kuantitatif. Sumber data penelitian masyarakat RT 04, RW 07, Kelurahan Perwira, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi menemukan 150 responden. Penelitian ini memanfaatkan analisis korelasional untuk melihat signifikan antara terpaan berita Vaksinasi Covid-19 di Kompas.com dengan perilaku pembacanya. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan Simple Random Sampling dan melakukan penarikan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat margin error sebesar 5%.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, studi Pustaka. Sedangkan Teknik analisis data mengaplikasikan analisis Statistik Inferensial, korelasi Rank Spearman, Uji T, dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan berita mengenai vaksinasi yang dilakukan Kompas.Com mampu memberikan efek kepada para pembaca untuk melakukan vaksinasi, sehingga dengan terbitnya berita tersebut mampu meneguhkan masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Keywords


Kompas.com; Perilaku Masyarakat; Vaksinasi

Full Text:

PDF

References


Cresswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmawan, Hari. (20 Januari 2022). Kemenkominfo Mencatat Jumlah Pengguna Internet di Indonesa Menca[ai 202,35 Juta Orang. Diakses dari https://www.tribunnews.com/techno/2022/01/20/kemenkominfo-mencatat-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-mencapai-20235-juta-orang, pada 30 Januari 2022, pukul 09.30 WIB.

Karim, A. A., Firdaus, M. Y., Dewi, R. K., Yuliani, Y., & Hartati, D. (2021). Pemanfaatan Metode Impresif Terhadap Proses Pengembangan Karakter Siswa. SeBaSa, 4(2), 152-166.

Kominfo. (17 Januari 2022). Menkominfo: Baru 100 Portal Berita Online Terverifiasi. Diakses dari https://www.kominfo.go.id/content/detail/12345/menkominfo-baru-100-portal-berita-online-terverifikasi/0/berita_satker, pada 30 Januari 2022, pukul 10.00 WIB.

Muslim, M. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian dalam Ilmu Komunikasi. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 1(10).

Nawawi, H. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Nurfitriani, A. I., Karim, A. A., Hartati, D., & Pratiwi, W. D. (2022). Dokumentasi Sosial dalam Kumpulan Cerita Pendek# ProsaDiRumahAja. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1315-1322.

Pusparisa, Y. (28 Juli 2021). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses Berita dari Media Daring. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/28/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-berita-dari-media-daring, pada 30 Januari 2022, pukul 09.00 WIB.

Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Renata, C. D. (2021). Pengaruh Terpaan Postingan Di Instagram Dan Daya Tarik Pesan Iklan Di Youtobe Kemenkes_Ri Terhadap Vaksin Covid 19. MEDIALOG : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 48–60.

Saputri, O. B., & Huda, N. (2020). Pengaruh informasi covid-19 melalui media sosial terhadap perilaku konsumen. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(7).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tentang Vaksinasi Covid-19 (17 Januari 2022). Satuan Gugus Penangan Covid-19. Diakses dari https://covid19.go.id/tentang-vaksin-Covid19, pada 2 Februari 2022, pukul 09.30 WIB.

Vaksinasi Covid-19 Nasional. Diakses dari https://vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines, pada 17 Januari 2022, pukul 09.00 WIB.

Valentino, Y. P., & Simbolon, B. R. (2020). Pengaruh Pemberitaan Covid-19 Di Media Online Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Mahasiswa Fisip Uda 2018. Jurnal Social Opinion: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 198-212.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i7.2022.2437-2443

Article Metrics

Abstract view : 257 times
PDF - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.