PENGARUH PERAN KEPALA MADRASAH DAN STRATEGI GURU TERHADAP PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH

Tatis Arni, Riki Saputra, Ahmad Lahmi

Abstract


Kepala sekolah memiliki tanggungjawab terhadap berbagai arah pengembangan yang diharapkan di sekolah tanpa terkecuali moderasi beragama peserta didik. Moderasi beragama di madrasah dibutuhkan untuk menciptakan suasana kenyamanan bagi warga madrasah dalam menjalankan agamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh peranan kepala madrasah dan strategi guru terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Penelitian ini menganalisis tiga variabel dengan variabel bebas sebanyak dua buah dan variabel terikatnya satu. Populasi penelitian adalah seluruh warga MTs Negeri 2 Kota Sawahluto, sedangkan sampel terdiri dari 10 orang guru dan 30 orang siswa dari tingkatan kelas yang berbeda-beda. Instrumen pengumpulan data menggunakan form observasi lingkungan madrasah dan angket yaitu angket peranan kepala madrasah, strategi guru dan nilai-nilai moderasi beragama. Analisis data terdiri dari analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa peranan kepala madrasah dan strategi guru berpengaruh terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Pengaruh peran kepala madrasah terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Sawahlunto mempunyai nilai product moment sebesar 0,008 dengan tingkat korelasi sebesar 0,885 yang menunjukkan korelasi yang sangat tinggi. Pengaruh strategi guru terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Sawahlunto mempunyai nilai product moment sebesar 0,025 dengan tingkat korelasi sebesar 0,741 yang menunjukkan korelasi yang tinggi. Selain itu, peran kepala madrasah dan strategi guru sama-sama memberikan pengaruh terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Sawahlunto. Pengaruh ini diperlihatkan dari hasil uji ganda dengan nilai sebesar 0,032 < 0,05 yang menunjukkan hubungan antara variabel simultan dengan nilai korelasi sebesar 0,762 yang berarti hubungan antar variabel kuat.


Keywords


Head of madrassas; teacher strategy; religious moderation

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55.

Alawiyah, F. (2014). Pendidikan Madrasah di Indonesia: Islamic School Education in Indonesia. Jurnal Aspirasi, 5(1), 51–58. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/449

Hadi, M., AR, D., & Ibrahim, S. (2014). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada MIN Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kab Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 40–48.

Indonesia, K. A. R. (2019). Moderasi beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.

Lord, H. (1973). Ex post facto studies as a research method. Special Report Number, 1–14. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Ex+Post+Facto+Studies+as+a+Research+Method#1

Murtadho, A. (2012). Memperkokoh Kualitas Pendidikan Madrasah Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (TQM). Jurnal Forum Tarbiyah, 10(1), 91–112. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/374

Nisa, M. K., Yani, A., Andika, A., Yunus, E. M., & Rahman, Y. (2021). Moderasi Beragama: Landasan Moderasi dalam Tradisi berbagai Agama dan Implementasi di Era Disrupsi Digital. Jurnal Riset Agama, 1(3), 79–96. https://doi.org/10.15575/jra.v1i3.15100

Nurulloh, A., Aprilianto, A., Sirojuddin, A., & Maarif, M. A. (2020). The Role of the Head of Madrasah’S Policy in Improving Teacher Professionalism.

Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 334–346. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i3.963

Paramansyah, A., Ulifah, Hanafiah, & Rostini, D. (2021). Situational Leadership of Madrasah Aliyah ’ s Head in Efforts to Improve Madrasah Quality in Bekasi City. International Journal of Research and Review, 8(1), 586–594.

Priatmok, S. (2019). The Internalization of Wasathiyah Values In Inclusion Madrasah: A Case Study of Integrated Madrasah Ibtida’iyah of Ar-Roihan Malang. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(2), 358–378. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i2.521

Rahim, A. (2014). Peran MadrasahSebagai Pendidikan Islam Masa Kini(Studi Tradisi dan Perubahan). Jurnal At-Ta’dib, 9(2), 185–197.

Rais, M. (2021). Religious Moderation Education According To Islamic Scholars In Gowa Regency South Sulawesi. Educandum, 7(1), 36–53. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/487%0Ahttps://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/download/487/321

Ritonga, M., Lahmi, A., Ishaq, Septiana, V. W., & Mahmud. (2021). Religious Extracurricular as a Capital for Character Development of Students in Junior High School. Psychology and Education Journal, 58(1), 682–689. https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.817

Rohwer, O. (2013). Post Facto and Experimental Studies. In Inquiry in Music Education: Concepts and Methods for the Beginning Researcher. (pp. 227–245). Routledge.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i7.2022.2404-2412

Article Metrics

Abstract view : 1595 times
PDF - 911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.