LEMAHNYA PENILAIAN AFEKTIF BERDAMPAK BURUKNYA PRILAKU HUMANISTIK SISWA

Abdullah Muwaffaq

Abstract


Proses mendidik siswa tidak hanya sekedar memberi materi atau mengajar, apalagi dalam lengkup mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Artikel yang sedang penulis kali ini jabarkan akan menjelaskan terkait temuan terkait lemahnya penilaian afektif yang berdampak pada proses pendidikan secara humanistik dalam mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kabupaten Kediri. temuan pertama yang nempak disini adalah banyak sekali siswa yang nakal atau bandel didalam sekolah dengan perilaku yang tidak pantas untuk disebut baik-baik saja. Sering dijumpai peserta didik yang berbicara kotor, berantem dan saat dilakukan survei pendiikan beberapa jarang yang melaksanakan sholat wajib, bahkan banyak dari siswa-siswa yang tidak tertib didalam masuk pembelajaran atau datang terlambat. Pendidikan humanistic yang diberikan oleh pendidik sangat berpengaruh didalam merubah perilaku peserta didik, jadi pendidik disini tidak sekedar menjelaskan materi semata sehingga juga menata moral atau etika peserta didik dengan cara dan metode yang setiap guru memiliki karakteristik berbeda-beda.


Keywords


Penilaian afektif, pendidikan humanistik, mata pelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. 2012.

Amin, Humanistik Education. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2007.

Aminatus Zuhriyah Indah, Evaluasi Pembelajaran .Malang: Kantor Jaminan Mutu, 2007.

Arifin Zainal, Evaluasi Pembelajaran .PT. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2009.

Ashiefatul Anany, Pemikiran Humanistik dalam Pendidikan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2010.

Baharuddin. Moh Makin. Pendidikan Humanistik: Konsep, Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2007.

Budi Agus, Nurul Ahmad dan Sumantri,. “Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” FONDATIA 3 (2) 2019.

E. Koswara. Psikologi Eksistensial –Suatu Pengantar–, Pengantar. MAW Brouwer. Bandung: PT. Eresco, 1987.

Endang Komara. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: PT Refrika Aditama 2014.

Ende Supriyadi, Pendidikan dengan Pendekatan Humanistik, makalah, Cianjur: t.p. 2011.

Frank Goble. Madzhab Ketiga –Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius 1987

.

Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2010.

Iskandar. “Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan” Tp. 2016. 4

Jamil Suprihatiningrum. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2013.

Mahrus. Zubdatul Itqan. Implikasi teori humanistik dan kecerdasan ganda dalam desain pembelajaran PAI. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (1) 2020.

Nasution. Metode Naturalistik – Kualitatif. Bandung: PT Tarsito, 2003.

Nazarudin, Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta: Teras,2007

Nurhasanah, Sobandi, Minat Belajar Sebagai Determinan hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1,2018.

Perni. Ni Nyoman.“Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3,2018.

Ralph W, Tyler, Basic Principles Of Curriculum And Instruction .London; The University of Chicago Press. 1973.

Rokeach M, Beliefs, Attitudes and Values .San Francisco : Jossey Bass, 1968

.

Stevick. Humanism in Language Teaching. New York: Oxford University Press,.1991.

Sudjana Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar .Bandung: Remaja Rosdakarya 2009.

Tobroni. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press. 2008.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2005.

Yuliandri “Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik.” Journal of Moral and Civic Education 1 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.416-422

Article Metrics

Abstract view : 434 times
PDF - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.