PENGGUNAAN LAGU LATHI DALAM BRANDING INDONESIA DI MANCA NEGARA MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK

Andrian Pramana, Aprisany Enggelin Aryesta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan TikTok sebagai media meningkatkan branding identitas bangsa untuk dapat dikenal khalayak luas, merujuk pada karya musik Lathi yang dibuat oleh grup musik Weird Genius. Banyaknya pengguna mengikuti tren video Lathi challenge membuat lagu ini dibuat oleh sebanyak 472.200 video, selain itu hashtag #lathichallenge menjadi hashtag yang telah ditonton sebanyak 309 juta tontonan di aplikasi TikTok. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification dan media baru yang berusaha menelaah sikap khalayak dalam menggunakan media sosial sebagai alat branding. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan TikTok sebagai media baru berhasil mempopulerkan tren tantangan Lathi melalu ragam karya yang dibuat oleh para pengguna TikTok, lagu yang memiliki karakteristik unik dari penyampaian pesan lagunya berhasil membuat pengguna TikTok mengkreasikan ulang tantangan ini. Keunikan dalam lagu ini menjadi media branding dalam memperkenalkan budaya Indonesia bagi khalayak Internasional melalui upaya kreativitas dan ekpresi diri.


Keywords


TikTok, Media Baru, Branding.

Full Text:

PDF

References


Anugerah, Pratiwi. (2013). Strategi Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Melakukan Nation Branding pada Event ITB Berlin 2013. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya

Alexander Haryanto (2020) Lagu "Lathi" dari Weird Genius Pecahkan Rekor di Spotify. Tirto. Diakses melalui https://tirto.id/lagu-lathi-dari-weird-genius-pecahkan-rekor-di-spotify-fMvX

Ahlse, J., Nilsson, F., & Sandström, N. (2020). It's time to TikTok: Exploring Generation Z's motivations to participate in# Challenges.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Elektronik Universitas Tulungagung, 140–157. Retrieved from www.jurnalunita.org/index.php/publiciana/article/downloa d/79/73

Clara Ermaningtiastuti. (2019) Empat Strategi dari Tiktok Untuk Brand. Marketeers. Diakses https://www.marketeers.com/empat-strategi-dari-tiktok-untuk-brand/

Daria Dubrova. (2019) How to Build Video Social Media App Like Tiktok. The App Solutions. Diakses dari https://theappsolutions.com/blog/development/app-like-tiktok/

Eko Nugroho. (2019). Teoritisasi Komunikasi Dalam Tradisi Sosiokultural. Communicology. Jurnal Ilmu Komunikasi UNJ. Vol 7 No 2 hal 236-253

Fan, Y. (2010). Branding the nation: Towards a better understanding. Place branding and public diplomacy, 6(2), 97-103.

Hasiholan, dkk (2020) TikTok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Covid-19. Jurnal Kajian Komunikasi Metakom Vol 4 No 1

Herrman, J. (2019). How TikTok is rewriting the world. The New York Times, 10.

Irwansyah. (2014) Menginisiasi Nation Branding Indonesia Menuju Daya Saing Bangsa. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia Volume 11, Nomor 1, Januari- April 2013, halaman 80-91

Katie S. (2020). What is Tiktok. Hootsuit Blog. Diakses dari https://blog.hootsuite.com/what-is-tiktok/

Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Levy, P. (2010). New Media Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.(2009). Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika

Maudi, E., & Susilowati, S. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–38. https://doi.org/10.31294/JKOM.V9I1.3592

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif (31st ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Miracle Ewin. (2019) 6 Reasons Why Tiktok Should bbe in Your Social Media Marketing Strategu for 2020. Medium. Diakses dari https://medium.com/@mimiewim/6-reasons-why-tiktok-should-be-in-your-social-media-marketing-strategy-for-2020-6230af091dc2

Ruth, D., & Candraningrum, D. A. (2020). Pengaruh Motif Penggunaan Media Baru Tiktok terhadap Personal Branding Generasi Milenial di Instagram. Koneksi, 4(2), 207-214.

Ruyana, U. (2020). Meski Indonesia Salah Satu Pengguna TikTok Terbesar, ByteDance Pilih Singapura Sebagai Sasaran Investasi. Selular. Diakses dari https://selular.id/2020/09/meski-indonesia-salah-satu-pengguna-tiktok-terbesar-bytedance-pilih-singapura-sebagai-sasaran-investasi/

Saebani, B Ahmad & Nurjaman, K. (2013). Manajemen Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Susan, Novri. (2017) Praktik Branding: Penerapan Ilmu Sosiologi dan Komunikasi. Yogyakarta: Proyeksi Indonesia

Sukendro, Nigar. (2019) Diagnosa Komunikasi Brand Activation Dan Media Digital Atas Eksistensi Brand Studio Rekaman Lokananta. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara Vol. 11, No. 1, Juli 2019, Hal 92 – 107

Tahta Rizki. (2020). Ketika Tiktok Menguasai Industri Musik. Detik. Diakses dari Dhttps://news.detik.com/kolom/d-5159661/ketika-tiktok-menguasai-industri-musik

We Are Social. (2020) Global Digital Overview. We Are Social. Diakses dari https://wearesocial.com/digital-2020

Marchukova, N. D. of M. T. and I. D. (2012). DEGREE PROJECT AT CSC , KTH Department of Media Technology and. Practical Issues in Development of a Successful Country Brand, 36.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.399-410

Article Metrics

Abstract view : 3156 times
PDF - 1796 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.