REPRODUKSI BỐWỐ OLEH DIASPORA NIAS DI KOTA PADANG

Yulia Setiawati Gaurifa, Afrizal Afrizal, Maihasni Maihasni

Abstract


Bὅwὅ dikenal dengan sebutan mahar atau mas kawin bagi etnis Nias. Tetapi berbeda dengan mahar yang dikenal dengan masyarakat muslim. Böwö tidak hanya diperaktikan oleh orang Nias di Kabupaten Nias, tetapi oleh orang Nias yang hidup di daerah rantau, seperti di Kota Padang. Artikel ini tentang praktik böwö orang Nias di Kota Padang. Pertanyaan peneliti adalah bagaimanakah böwö dipraktikan oleh orang Nias yang tinggal di Kota Padang, yang dihunu oleh masyarakat Minangkabau yang beragama Islam. Penelitian menggunakan teori strukturasi Anthony Giddens dan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukan walaupun orang Nias di Kota Padang mereproduksi praktik böwö, mereka memodifikasi böwö disebut hada nono noha wada (adat Nias padang). Bila di Kepulauan Nias böwö adalah babi, uang, emas, perak dan beras, di Kota Padang, böwö diganti menjadi uang. Ini mereka lakukan untuk menyesuaikan diri dengan etnis masyoritas warga Kota Padang.


Keywords


Bὅwὅ, Reproduksi Sosial

Full Text:

PDF

References


Afrizal. 2005. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif: Dari Pengertian Sampai Penulisan Laporan. Unand Padang: Laboratorium Sosiologi FISIP.

Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Giddens, Anthony, 2010. Teori Strukturasi: Dasar-dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Meleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Priyono, Herry, B. 2002. Anthony Giddens: Suatu Pengantar. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Ritzer, George, dan Douglas J, 2004, Teori Sosiologi Modren, Jakarta: Prenada Media

Aziz, Safrudin. 2017. TradisiPernikahanAdatJawaKaratonMembentuk Keluarga Sakinah. Jurnal Kebudayaan islam.

Harefa, Beniharmoni. 2017. Peradilan Adat Nias Dan Keadilan Ristoratif. Jurnal Komunikasi Hukum.

Hazmi, Handatul. 2017. Manalu ifaauri: Antara Tradisi Dan Kebutuhan Dalam Masyarakat Nias Di Labuah Gunuang. Ananlisa Sejarah. Labor Sejarag, Universitas Andalas.

Lombu, Stevany, Chris. 2019. Ruang Ketiga Dalam Penjumpaan Nias-Kristen Dan Minangkabau-Muslim Di Padang. Jurnal Kawistara. .

Mz, Firman. 2017. Strategi Adaptasi Suku Bangsa Nias Ditengah Suku Bangsa Minangkabau Di Korong Tanjung Basung II Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai. Artikel.

Sitompul, Roswita. 2017. Perkawinan Bajapuik Dan Konsekuensinya Dalam Keluarga Minang. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA.

Ashadi, Andri. 2018. “RELASI ANTARETNIK: Negosiasi Identitas Keislaman Orang Minang Dan Kekristenan Orang Nias Di Sebrang Palinggam Dan Sungai Buluh”. Jakartas: SkripsiPeminatan Agama Dan Studi Perdamaian UIN Syafira Hidayatullah Jakarta.

Harefa, Aronafao, Supriadi. 2018. “Analisa Tingkat Kebahagiaan Perkawinan (Marital Happines) Berdasarkan Pengaruh Mahar Tinggi (Böwö Sebua) Pada Masyarakat Nias Berpendidikan”. Medan: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Indrayuda. 2003 “Makna Dan Fungsi Tari Balanse Madam Pada Masyarakat Suku Nias Di Sebrang Palinggam Kota Padang”. Padang: Laporan Penelitian. Fakultas Bahasa Sastra Dan Seni Universitas Negeri Padang

.

Marua’o, Nursayani. 2014.” Analisa Penyebab Menurunnya Penerapan Fangowai Dan Fame’eAfo Dalam Pesta Adat Perkawinan Di Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara: Kajian Sosiolinguistik”. Medan: Tesis Program Pascasarjana Universitas Muslim Nusanatara Al Washliyah.

Ndraha, Invokavit, Desman. 2018.” Böwö Dalam Perkawinan Suku Nias”. Medan: Skripsi fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan

Sitompul, Utama, Lola. 2009. “Tata Cara Penetapan Mahar Bagi Perempuan Nias”. Medan: Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Unversitas Sumatera Utara Medan.

Tafona’o, Syukur, Meiman, Petru. 2016. “Pergeseran Penetapan Böwö Perkawinan Atas Status Sosial Di Kabupaten Nias Barat”. Medan: Tesis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Medan

Wulandari, Putri, 2013. Biografi Tawanto Lawolo: Tokoh Masyarakat Nias dan Seniman Kota Padang (1987-2012). Padang: Skripsi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.444-454

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.