POLA ADAPTASI GURU DIGITAL IMMIGRANT DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN DARING

Rany Claudia, Maihasni Maihasni, Damsar Damsar

Abstract


Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana adaptasi pembelajaran daring melalui platfrom media digital yang dilakukan oleh guru digital immigrant di Kota Padang. Hal ini menarik untuk diteliti dikarenakan pandemi Covid-19 membawa perubahan kepada sistem pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara konvensional dimana guru dan siswa berada pada ruangan yang sama di sekolah, kini harus bertransisi menjadi sistem pembelajaran daring yang bertumpu kepada penguasaan teknologi informasi. Terdapat sekolompok guru yang kurang mampu menguasai teknologi informasi namun tetap dituntut untuk mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran daring agar proses belajar mengajar tetap bisa berjalan. Kelompok guru ini dikenal dengan digital immigrant. Proses adaptasi pelakasanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru digital immigrant ini kemudian dianalisis dengan menggunakan Teori struktural dari Talcott Parson. Hasil penelitian menunjukan guru digital immigrant memiliki keterbatasan dalam melaksanakan pembelajaran menggunkan teknologi informasi. Bagi guru digital immigrant platform yang digunakan untuk proses pembelajaran daring seperti Zoom, WhatsApp, Google Meet, I-learn merupakan media digital yang tidak sederhana. Namun guru digital immigrant tetap melakukan adaptasi dalam pelaksanaan pembelajaran daring seperti terus belajar melalui video tutorial Youtube, mengikuti pelatihan serta belajar dengan rekan sesama guru. Hal tersebut dilakukan guna tujuan pendidikan tetap dapat tercapai meskipun terjadi transisi perubahan sistem pembelajaran.


Keywords


Adaptasi, Guru, Digital immigrant, Pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Ghaith, G. (2010). An exploratory study of the achievement of the twenty-first century skills in higher education. Education and Training, 52(6), 489–498.

Komariah, A., Kurniady, D. A., & Rusdinal. (2019). The relationship between the role of a principal and quality of school academic service: The mediating function of teacher commitment. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(3), 19–34.

Kinash, S., & Wood, K. (2013). Academic developer identity: How we know who we are. International Journal for Academic Development, 18(2), 178–189. https://doi.org/10.1080/1360144X.2011.631741.

Lindawati, Irfani & Rahman, Arif. 2020. Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Universitas Ageng Tirtayasa.

Prensky, M. (2001a). Digital Native, Digital Immigrant Part 1. On the Horizon, 9(5), 1–6.

Ransdell, S., Kent, B., Gaillard-Kenney, S., & Long, J. (2011). Digital immigrants fare better than digital natives due to social reliance. British Journal of Educational Technology, 42(6), 931–938. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2010.01137.x

Riegel, C., & Mete, R. (2017). Educational Technologies for K-12 Learners: What Digital Natives and Digital Immigrants Can Teach One Another. Educational Planning, 24(4), 49–58.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Reid, D., & Ostashewski, N. (2011). iPads in the Classroom–New Technologies, Old Issues: Are they worth the effort? World Conference on Educational Multimedia Hypermedia and Telecommunications 2011, 2011, 1689–1694.

Riegel, C., & Mete, R. (2017). Educational Technologies for K-12 Learners: What Digital Natives and Digital Immigrants Can Teach One Another. Educational Planning, 24(4), 49–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.437-443

Article Metrics

Abstract view : 410 times
PDF - 353 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.