ANALISIS POLA JARINGAN SOSIAL TERHADAP PENGARUH STRUCTURAL HOLES SPANNER DALAM PERCAKAPAN DI TWITTER (STUDI SOCIAL NETWORK ANALYSIS PADA KASUS PON XX PAPUA 2021)

Muhamad Ibnu Adam

Abstract


Penelitian ini ingin mengkaji tentang praktik komunikasi pemasaran saat ini di era digital pada contoh kasus pesta olahraga PON XX Papua 2021 dengan menganalisis pola jaringan aktor sosial yang direpresentasikan akun di Twitter dengan memperbandingkan percakapan yang didesain dari akun resmi penyelenggara menggunakan [1] tagar #TorangBisa dan percakapan umum menggunakan [2] kata kunci PON Papua. Dalam konteks komunikasi pemasaran, penelitian ini ingin melihat sejauh mana keberhasilan panitia PON Papua memenangkan diperbincangan oleh akun-akun, dan apakah isu olahraga menjadi isu yang diperbincangkan menggunakan tagar atau kata kunci tersebut. Dalam penelitian ini, paradigma teoritis tentang jaringan sosial (social networks), yakni Structural Holes Theory atau Teori Lubang Struktural dikaitkan dalam analisis untuk memperlihatkan ‘peran struktural’ dalam jaringan sosial yang diasumsikan mereka yang diposisikan pada lubang atau hub pada jaringan memiliki tingkat pengaruh yang berbeda dalam hal arus informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jaringan sosial atau dikenal social network analysis (SNA). Secara khusus, SNA dilakukan untuk memetakan jaringan terkait akun, tagar, atau kata kunci terhadap suatu percakapan. Jaringan adalah seperangkat aktor (node, dalam hal ini akun media sosial) yang mempunyai relasi dengan aktor lain dalam tipe relasi tertentu. Relasi tersebut bisa berupa mentions, reply, atau Retweet (RT). Hasil penelitian mengungkapkan jaringan sosial kata kunci PON Papua justru lebih baik ketimbang #TorangBisa yang ditandai dengan keunggulan pada level aspek penting, seperti tingkat modularitas dan sentralisasi akun pada percakapan yang terjadi terdiri dari beberapa akun dominan dengan pengaruh ‘kuat’ di antara akun lainnya. Keberhasilan ini digerakkan oleh kekuatan akun secara lebih natural atau organik mampu memancing percakapan lain secara masif.

 

 


Keywords


Tagar, Kata Kunci, Teori Lubang Struktural, Structural Holes Spanner, Structural Holes Theory, Social Network Analysis, Media Sosial, Olahraga

Full Text:

PDF

References


Abeza, Gashaw & Pegoraro, Ann & Naraine, Michael & Seguin, Benoit & O’Reilly, Norm. (2015). Activating a global sport sponsorship with social media: An analysis of TOP sponsors, Twitter, and the 2014 Olympic Games. International Journal of Sport Management and Marketing. 15. 184-213. 10.1504/IJSMM.2014.072010.

Bakry, Gema. (2020). Struktur Jaringan Pengguna Twitter dengan Tagar #Bandunglawancovid19. Jurnal Komunikasi Global. 9. 209-229. 10.24815/jkg.v9i2.17478.

Blaszka, Matthew & Burch, Lauren & Frederick, Evan & Clavio, Galen & Walsh, Patrick. (2012). WorldSeries: An empirical examination of a twitter hashtags during a major sport event. International Jounal of Sport Communication. 5. 435-453. 10.1123/ijsc.5.4.435.

Burt, R. S. (2015). Reinforced structural holes, Social Networks, V. 43, Pages 149-161, ISSN 0378-8733. https://doi.org/10.1016/j.socnet.2015.04.008.

Cottrill, Caitlin & Yeboah, Godwin & Gault, Paul & Nelson, John & Anable, Jillian & Budd, Tom. (2015). Tweeting Transport: Examining the Use of Twitter in Transport Events. 10.13140/RG.2.1.3095.2486.

Eriyanto (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on #BubarkanKPAI vs #KamiBersamaKPAI Hashtags. Jurnal Komunikasi Indonesia, 8(3), 167-178. https://doi.org/10.7454/jki.v8i3.11591

Filo, K., et al., Sport and social media research: A review. Sport Management Review (2014), http://dx.doi.org/10.1016/j.smr.2014.11.001

Golbeck, J. (2013). Analyzing the Social Web. Waltham, MA: Elsevier.

Grace Yan, Nicholas M. Watanabe, Stephen L. Shapiro, Michael L. Naraine & Kevin Hull (2018): Unfolding the Twitter scene of the 2017 UEFA Champions League Final: social media networks and power dynamics, European Sport Management Quarterly, DOI: 10.1080/16184742.2018.1517272

Hambrick, Marion & Pegoraro, Ann. (2014). Social Sochi: Using social network analysis to investigate electronic word-of-mouth transmitted through social media communities. International Journal of Sport Management and Marketing. 15. 120-140. 10.1504/IJSMM.2014.072005.

Himelboim, Itai. (2017). Social Network Analysis (Social Media). 10.1002/9781118901731.iecrm0236.

Jin, Xin & Cheng, Mingming. (2020). Communicating mega-events on Twitter: Implications for destination marketing. Journal of Travel & Tourism Marketing. 10.1080/10548408.2020.1812466.

Kwak, Haewoon & Lee, Changhyun & Park, Hosung & Moon, Sue. (2010). What Is Twitter, a Social Network or a News Media?. Proceedings of the 19th International Conference on World Wide Web, WWW '10. 19. 10.1145/1772690.1772751.

Lamirán-Palomares JM, Baviera T, Baviera-Puig A. Identifying Opinion Leaders on Twitter during Sporting Events: Lessons from a Case Study. Social Sciences. 2019; 8(5):141. https://doi.org/10.3390/socsci8050141

Lin, Zihang & Zhang, Yuwei & Gong, Qingyuan & Chen, Yang & Oksanen, Atte & Ding, Aaron. (2021). Structural Hole Theory in Social Network Analysis: A Review. IEEE Transactions on Computational Social Systems. PP. 10.1109/TCSS.2021.3070321.

Lou, Tiancheng & Tang, Jie. (2013). Mining structural hole spanners through information diffusion in social networks. WWW 2013 - Proceedings of the 22nd International Conference on World Wide Web. 825-836. 10.1145/2488388.2488461.

Samatan, Nuriyati & Fatoni, Ahmad & Murtiasih, Sri. (2020). Disaster Communication Patterns And Behaviors On Social Media: A Study Social Network #Banjir2020 On Twitter: (Social Network Analysis #Banjir2020 on Twitter). Humanities & Social Sciences Reviews. 8. 27-36. 10.18510/hssr.2020.844.

Khausar, M. (2020). Strategi Nation Branding Indonesia Melalui Penyelenggaraan Asian Games 2018. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/50280/1/MIFTAHUL%20KHAUSAR.FISIP.pdf

Yuliana, I. (2015). Analisis Jejaring Media Sosial untuk Pemetaan pada Komunitas Online. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

The International Encyclopedia of Communication Research Methods. Jörg Matthes (General Editor), Christine S. Davis and Robert F. Potter (Associate Editors). John Wiley & Sons, Inc. Published 2017

Barabási, A.-L., & Pósfai, M. (2016, October 20). Network science. From http://networksciencebook.com

https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.282-301

Article Metrics

Abstract view : 565 times
PDF - 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.