PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI ERA NEW NORMAL

Cecep Abdul Cholik

Abstract


Pembatasan sektor pendidikan pada era new normal yaitu menghentikan pembelajaran offline dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online sebagai upaya menjaga kualitas pendidikan di Indonesia agar tetap efektif di masa pandemi Covid-19. Media pembelajaran menggunakan google classroom sebagai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan google classroom dalam meningkatkan pendidikan di era new normal. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan literature review dengan memanfaatkan database pada google scholar. Hasil penelitian ini adalah google classroom bermanfaat dalam kualitas pendidikan di era new normal dengan didukung perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Peran teknologi informasi dan komunikasi lebih memudahkan proses pembelajaran secara online dengan memanfaatkan jaringan internet dan website. Pemanfaatan google classroom tidak mengharuskan secara real-time, guru harus mampu mengelola dokumen dan kelas sekaligus guru dapat menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk mengelola pembelajaran online agar proses pembelajaran online berjalan dengan efektif sehingga pada era new normal kualitas pendidikan tetap sesuai dengan tujuan pemerintah.


Keywords


Google Classroom, Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Afifah, D. M., Lestari, E. D., dan Prianti, R. N. (2021). Dampak Pendemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Sekolah Dasar. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 2(1), 1-6.

Azhar, K. A., dan Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google classroom: Teachers’ perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52-66.

Azzahra, A.S. dan Suryaman, M. (2021). Students’ Perception Regarding Learning Method: Synchronous and Asynchronous for Online Learning. Journal of English Langauge and Education, 6 (2), 83-92.

Cholik, C.A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2 (6), 21-30.

Cholik, C.A. (2021). Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi/ ICT dalam Berbagai Bidang. Jurnal Fakultas Teknik Kuningan, 2 (2), 39-46.

Dharmawan, I. G. M. O., Sudatha, I. G. W., dan Agustini, K. (2021). Mobile Learning Penelitian dan Tren Dalam Pendidikan di Indonesia. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 338-347).

Fitriningtiyas, D.A. dan Umamah, N. (2019). Google Classroom: As a Media of Learning History. Earth and Environmental Science, 1–9.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184-192.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogakarta, 16.

Kahiigi, E.K., Ekenberg, L., Hansson, H., Tusubira, F.F. dan Danielson, M. (2008). Exploring the e-Learning State of Art. The Electronic Journal of e-Learning, 6(2), 77-88.

Marzoan, M. (2014). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dalam Perspektif Kurikulum 2013. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 1(1), 81-90.

Maulana. (2018). Penerapan Google Classroom Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Lembaga Kursus Bahasa Inggris (e-Home and Fun Learning) Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. e-Journal ELPduaEm, 4(4), 15–18

Rachmawati, E., Irianti, L., dan Ijudin, M. (2021). Persepsi Guru Sekolah Dasar dalam Menggunakan Google Classrom dan Screencastify di Era New Normal. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(2), 132-143.

Rahmi, Rofiqul, Abdurrahman, dan Muhamad. (2019). The Effect of Flipped-Problem Based Learning Model Integrated with LMS-Google Classroom for Senior High School Students. J. Educ. Gift. Young Sci., 7, 137–158.

S. Iftakhar. (2019). Google Classroom: What works and How?. J. Educ. Soc. Sci., 3, 12–18.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., dan Saputra, R. (2020). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104-112.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Jurnal SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.

Singh, C. K. S., et. al (2020). Rethinking English language teaching through Telegram, Whatsapp, Google classroom and Zoom. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 45-54.

Sutia, C., Wulan, A. R. dan Solihat, R. (2019). Students’ Response to Project Learning with Online Guidance Through Google Classroom on Biology Projects. J. Phys. Conf. Ser., 1157(2), 1–6.

Wahyuni. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi. Universitas Islam Indonesia: Indonesia.

Widiyatmoko, A. (2021. The effectiveness of google classroom as a tool to support online science learning: a literature review. In Journal of Physics: Conference Series, 1918(5), 052-069.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.239-245

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.