PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PKN PADA MATERI HAKEKAT DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Ysmiati Yusmiati

Sari


Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Materi Hakekat Demokrasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah:“Apakah Media Pembelajaran Microsoft Power point berpengaruh terhadap Minat Belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 426 peserta didik yang terdiri dari 15 kelas, sedangkan sampel ditetaapkan secara acak 10 % dari jumlah populasi dengan jumlah 42 peserta didik. Rumus menguji hipotesis yang dipergunakan adalah rumus product momennt. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil perhitungan koefesien korelasi maka diperoleh r = 0,992. Jika angka indek korelasi tersebut di korelasikan dengan “r” tabel product moment maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5% dengan n = 42 diperoleh 0,304. Dengan demikian dapat diketahui bahw nilai r hitung lebih besar dari pada r table yakni :0,992>0,304. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat di terima kebenarannya, yaitu Media Pembelajaran Microsoft Power Point berpengaruh terhadap minat belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi. Besarnya pengaruh sebesar 99 %
Kata Kunci: Model pembelajaran, Microsoft Power point, Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto,Suharsimi.2006.Prosedur Penelitian.Jakarta:Rineka Cipta

Asmana, Jama Ma’mur.2011.Penelitin Pendidikan.Jakarta: Diva Press

Azhar,Arsyad,2011. Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo Persada

Azwar, Syaifuddin.2010. Model Penelitian.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Bungin,Burhan.2005.Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Kencana

Cart Safran dan Sukardi. 2005. Bimbingan Dan Penyuluhan Belajar Disekolah. Bandung: Usaha Nasional

Cecep Kustandi,Dkk.2011.Media Pembelajaran Digital Dan Manual.Jakarta:Ghalia

Djamarah dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamdan,M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Kethut.2010.Modul Pembuatan Media Presentase Jakarta: Pusatteknologi Dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan

Komalasari,Kokom.2008.Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi. Bandung:; PT Refika

Kurniawan Benny. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Tangerang: Jelajah Nusa.

Sagala,Syaiful.2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta

Syarif Kemala. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Medan: UNIMED Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

 issn online : 2550-0813 | issn cetak : 2541-657X

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapsel
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan
 jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id

 Jurnal Nusantara licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.