MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI SMK NEGERI 1 SIRANDORUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Syafaruddin Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual melalui Focus Group Discussion (FGD). Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian Tindakan ini dilaksanakan pada 6 orang guru SMK Negeri 1 Sirandorung pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode analisis data dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran yang kemudian dipersentase. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual, hal dapat dilihat dari hasil penelitian terdapat peningkatan pada siklus I yang berkemampuan baik 14,26 %, cukup 52,38 %, kurang 33,26 %, dan pada siklus II yang berkemampuan sangat baik 52,38 %, baik 45,23 %, cukup 2,39 %. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Pembelajaran Kontekstual, Focus Group Discussion

References


Berns, Robert G.and Erickson, Patricia M. (2001). Contextual Teaching and Learning The Highlight

Departemen Pendidikan Nasional (2002), Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007, Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta.

Irwanto (2006). Focus Group Discussion: A simple manual : Jakarta: Yayasan Obor.

Kardi, S. & Nur, M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya : Unesa-University Press.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Muslich, Masnur. (2011). KTSP : Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta. Bumi Aksara.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurhadi, Burhan Yasin dan Agus Gerald Senduk (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang : Universitas Negeri Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v5i1.2018.14-19

Article Metrics

Abstract view : 2835 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 3447 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.