MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK

Rajman Rajman

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan Pembelajaran kontekstual melalui supervisi akademik teknik office conference. Penelitian dilaksanakan di SDN No. 152985 Haramonting pada tanggal 20 Mei 2017 sampai dengan 6 Juni 2017. Subyek penelitian adalah guru Kelas yang berjumlah 6 (enam) orang. Subjek penelitian dipilih sesuai dengan tingkatan guru mengajar. Penelitian dilakukan dalam setting penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melaksanakan supervisi individual dengan teknik percakapan individu (office conference) dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam membuat RPP mencapai 18,75 %, dengan rata-rata kemampuan pada siklus kedua 81,25% atau dengan kategori baik sekali. Rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual mencapai 11,81% dengan rata-rata kemampuan guru pada siklus kedua 80.55% kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik teknik office conference dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia dalam menerapkan Pembelajaran Kontekstual.

Kata Kunci: Kemampuan guru, Pembelajaran kontekstual, Office Conference

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Eggen P dan Kauchak D, 2012, Strategi dan Model Pembelajaran (Mengajarkan Konten dan Ketrampilan Berfikir), Indeks, Jakarta

Sudjana N, 2011, Supervisi Pendidikan : Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah, Binamitra Publishing, Bekasi

Sukardi, 2005, Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya), Bumi Aksara, Jakarta

Widodo dkk, 2006, Analisis dampak program program peningkatan profesionalisme guru sains terhadap peningkatan kualitas pembelajaran sains di sekolah. Laporan penelitian Hibah Kebijakan Balitbang Depdiknas.

Widodo, 2007, Video-Based Coaching To Improve Teachers’ Teaching Skills: Developing a Coaching Package, Paper disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPA, Bandung

Suryanti, 2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa

Tarmuzi, 2011, Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

 issn online : 2550-0813 | issn cetak : 2541-657X

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapsel
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan
 jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id

 Jurnal Nusantara licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.