OPTIMASI DISTRIBUSI TRANSPORTASI BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) JENIS BIO SOLAR DI WILAYAH JAWA TENGAH

Kushariyadi Kushariyadi, Bambang Sugito

Abstract


Distribusi diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang, dalam penelitian ini adalah penyaluran BBM ke SPBU, semakin tingginya tingkat persaingan dalam dunia industri, menuntut perusahaan untuk dapat membuat strategi – strategi distribusi yang baik, salah satunya dengan menggunakan metode VRP yang merupakan manajemen distribusi yang memperhatikan kelas jalan, kapasitas kendaraan, dan jarak konsumen sebagai dasar penentuan     rute yang diharapkan dapat mengefisienkan ke dalam rute penyaluran. Berdasarkan penerapan sistem Distribusi BBM ke SPBU di Jawa Tengah khususnya di Wilayah Kabupaten Blora dengan menggunakan metode Vehicle Routing Problem (VRP), dengan menggunakan mobil tangki kapasitas 32 KL lebih efektif dari pada mobil tangki kapasitas 16 KL , jarak dan biaya operasional mobil tangki 32 KL hasil setelah penerapan  metode VRP lebih efektif dibanding pola distribusi saat ini, jika metode VRP digunakan di maka akan menghasilkan beberapa keuntungan, antara lain berkurangnya total jaraktempuh mobil           tangki sebelumnya 3.268 KM menjadi  1.182  KM dengan dibandingkan dengan rata rata total jarak tempuh saat ini yaitu dari TBBM Semarang-Ke SPBU di Blora. Terjadinya penghematan biaya bahan bakar minyak solar dari Rp.16.830.200 ke Rp. 6.087.30 perhari mengingat ada efisiensi yang besar maka pola pengiriman BBM Bio Solar dari TBBM Pengapon Semarang ke wilayah SPBU di Kabupaten Blora  menggunakan rute baru dengan menggunakan kapasitas mobil tangki 32 Ton  

 


Keywords


Distribusi, Terminal BBM , SPBU, Vehicle Routing Problem

Full Text:

PDF

References


Faisal, Achmad. 2008. Panduan Angkutan Mobil Tangki Volume I Manajemen Kendaraan. Jakarta: Pt Pertamina (Persero) Direktorat Pemasaran Dan Niaga.

Kadir, A. 2006. Transprotasi: Peran Dan Dampaknya Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional. Jurnal Perencanaan & Pengembangan Wilayah WAHANA HIJAU.

Pujawan, Nyoman. 2017. Buku Panduan Suplai Dan Distribusi. Jakarta: PT. Pertamina (Persero).

Rushton, Rakhmad Arief. 2009. The Handbook of Logistic and Distribution Management fifth edition. The Chartered Institude of Logistic and Ttansport. United Kingdom.

Suparjo.2017. Metode Saving Matrix Sebagai Metode Alternatif Untuk Biaya Distribusi: Studi Empirik Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Untag Semarang.

Taff, Charles A. 1996. Manajemen Transportasi Dan Distribusi Fisis Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Toth, Paolo Dan Vigo Daniele. 2002. The Vehicle Routing Problem. Philadelpia: Sociaty For Industrial And Applied Mathematics-SIAM.

Yazid Pasca, Muhajir. 2018. Penentuan Rute Distribusi Optimal Menggunakan Metode Saving Matrix di PT. XYZ. Tugas Sarjana Fakultas Teknik USU Medan.

Pertamina. 2007. Buku Panduan Suplai dan Distribusi. Jakarta : PT Pertamina (Persero)

Taff, CA. 1996. Manajemen Transportasi dan Distribusi Fisis jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.162-169

Article Metrics

Abstract view : 828 times
PDF - 711 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.