MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDN 153076 PINANGSORI 5 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Mian Sari Simatupang

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan aktifitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN 153076 Pinangsori 5 berjumlah 30 orang pada tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus melalui tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Dari hasil pengamatan aktifitas siswa ditemukan kegiatan positif siswa meningkat dan kegiatan negatif siswa menurun. Sedangkan rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan dari sebelum tindakan 66,2 pada siklus I 74,5 dan siklus II 78,7 dengan persentase ketuntasan masing-masing 50,0%, 70,0% menjadi 90,0%.
Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S .2006.. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara

Kemis, S and Mc Tegart, R (1998). The Action Research Planner. Third Edition. Deakin University.

Lie, Anita .2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo

Suprijono, Agus .2010.Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

 issn online : 2550-0813 | issn cetak : 2541-657X

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapsel
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan
 jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id

 Jurnal Nusantara licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.