MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SDN NO. 157617 PINANGSORI 13 DALAM MELAKSANAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL MELALUI SUPERVISI KELAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Heldina Sihotang

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran CTL melalui kegiatan supervisi kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN 157617 Pinangsori 13 dengan obyek penelitian adalah guru berjumlah 9 orang pada tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan desain penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus melalui empat tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan melalui supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) di SDN 157617 Pinangsori 13, Pelaksanaan Supervisi Kelas oleh Kepala Sekolah dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan kreatifitas guru untuk melaksanakan inovasi pembelajaran.

Kata Kunci: Kemampuan Guru, CTL, Supervisi Kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Direktorat Tenaga Pendidikan, Dirjen PMTK Depdiknas, (2007). Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah. (School Action Research), Peningkatan Kompetensi Guru Kelas SMP / SMA, Jakarta.

Komaria, Aan dan Cepi Triana. (2004). Visionaruy Leadership Menuju Sekolah Efektif, Bandung Aksara.

Lie, Anita (2002). Coorperative Learning ( Menerapkan Coorperative Learning di ruang – ruang kelas). Jakarta : Gasindo

Mulyasa, E (2005). Menjadi Guru Kelas Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosda Karya

Mulyasa, E (2005). Peran dan Kinerja Kepala Sekolah. Bandung : Rosda Karya.

Permendiknas No. 12 Tahun (2007). Tentang Standar Kepala Sekolah / Madrasah.

Sanjaya, Wina. ( 2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cetakan ke 7. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

 issn online : 2550-0813 | issn cetak : 2541-657X

Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UM-Tapsel
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan
 jurnal.nusantara@um-tapsel.ac.id

 Jurnal Nusantara licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.