PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI ISU-ISU KONTEMPORER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK PERDAGANGAN INTERNASIONAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SAYUR MATINGGI TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Ahmad Fadlan, Uli Anto Hutagalung, Ika Sari Wahyuni

Sari


Secara umum tujuan penelitian ini adalah diperolehnya informasi tentang kefektifan pembelajaran ekonomi dengan suatu pendekatan khusus yaitu pendekatan model pembelajaran melalui isu-isu kontemporer. Secara khusus tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik dengan Penerapan model pembelajaran melalui isu-isu kontemporer dan untuk mengetahui kemampuan tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran melalui isu-isu kontemporer Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara kuantitatif yaitu dengan membuat suatu hasil-hasil penelitian secara sistematis dan terinci. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan dan metode lapangan. Alat pengumpulan data yang penulis lakukan adalah dengan melakukan angket dan angket motivasi belajar, kemudian untuk melihat penerapan model pembelajaran melalui isu-isu kontemporer dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik bidang studi ekonomi materi pokok perdagangan internasional kelas XI SMA NEGERI 1 Sayurmatinggi Tahun Pelajaran 2017-2018? Berdasarkan analisa diatas, maka diperoleh nilai rxy hitung = 0,993 Selanjutnya penulis menetapkan nilai rxy tabel dengan n = 32 dengan taraf 5% adalah 0,349

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Isi isu Kontemporer, Perdagangan Internasional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agus, Sujanto, 2007,Kiat Membelajarkan Peserta Didik. Jakarta: Gaung Persada Press.

Alam dan Rudianto, 2014, Buku Siswa Ekonomi Untuk SMA/ MA Kelas XI Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Al-Tabany,Trianto Ibnu Badar, 2014, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 ( Kurikulum Tematik Integratif/ TKI ). Jakarta: Prenada Media Group.

Asrori, Muhammad, 2008,Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv.Wacana Prima.

Arikunto,Suharsimi, 2009,Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aumurrahman, 2012, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, cv.

Azwar, Syaifruddin, 2010,Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan, 2005, Metodologi Penelitian Kuanatitatif Komunikasi,

Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu – ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Dimyanti dan Mudjiono, 2003, Makna dan Konsep Pembelajaran. Bandung:Alfabeta

Hardjana, 2005, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.

Hasan, Iqbal,Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husaini Usman dan Purnomo Setiady Akbar, 2008, Pengantar Statistik. Jakarta:PT Bumi Aksara

Kartono, 2005, Bimbingan Belajar di Perguruan Tingg. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Muhammad Rohman dan Sofan Amri, Manajemen Pendidikan Analisis Solusi Terhadap Kinerja Manajemen Kelas dan Strategi yang Efektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya


Article Metrics

Sari view : 40 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.