REPRESENTASI KAPTEN JANG SEBAGAI PEREMPUAN MASKULIN DALAM FILM SPACE SWEEPERS

Fitri Mardiana, Mayasari Mayasari, Nurkinan Nurkinan

Abstract


Film merupakan salah satu media massa populer yang banyak memberikan informasi dan juga hiburan bagi masyarakat. Melalui film masyarakat bisa sadar akan isu-isu yang terjadi di tengah kehidupan sosial. Space Sweepers merupakan film sci-fi blockbuster pertama Korea Selatan yang tayang di Netflix pada tanggal 5 Februari 2021. Film ini menggambarkan maskulinitas pada tokoh perempuannya yang bernama Kapten Jang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa adegan-adegan yang merepresentasikan perempuan maskulin pada tokoh Kapten Jang melalui analisa pada tahap denotasi dan konotasi. Untuk menjawab penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Space Sweepers telah mampu merepresentasikan nilai dan makna perempuan maskulin melalui beberapa adegan yang ditampilkan. Makna perempuan maskulin tersebut muncul melalui dua tahap pemaknaan yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Serta membentuk mitos yang menjadi ideologi baru mengenai perempuan maskulin. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sifat maskulin seseorang dapat dinilai dari ucapan, perilaku, sikap, penampilan, dan pekerjaannya. Sifat maskulin tersebut di antaranya agresif, dominan, ambisius, analitis, mempunyai kemampuan sebagai pemimpin, berani mengambil resiko, dan kepribadian yang kuat.


Keywords


Representasi, Film, Perempuan Maskulin, Semiotika

Full Text:

PDF

References


AsianWiki. 2021. “Space Sweepers” (online), https://asianwiki.com/Space_Sweepers¬, diakses 15 Mei 2021.

Bem, Sandra L. 1974. “The Measurement Of Psychological Androginy”. Journal of Consulting and Clinical Psychology (online), Vol. 42 No.2 155-162, https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.472.525&rep=rep1&type=pdf, diakses 3 Mei 2021.

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

CNN Indonesia. 8 Februari 2021. “Space Sweepers Kuasai Tangga Film Netflix” (online), https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20210208131945-220-603629/space-sweepers-kuasai-tangga-film-netflix, diakses 12 Mei 2021.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

McLuhan, Marshall. 1964. Understanding Media: The Extensions of Man. New York: The MIT Press.

Netflix. “Space Sweepers” (online), https://www.netflix.com/id/title/81094067, diakses 25 April 2021.

Piliang, Y. A. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Sarwono, S.W. 2007. Psikologi Remaja, Edisi Revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Setyaki, Putra Aditya Bagus dan Muh Ghifari Al Farqan. 2021. “Kepemimpinan (Leadership) Berkarakter Dalam Kemajuan Organisasi”. NUSANTARA (online), Vol.8, No.3, http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/3649, diakses tanggal 9 Oktober 2021.

Tanjung, Dara Novita Andisya, Mayasari, dan Yanti Tayo. 2019. “Analisis Semiotika Makna Seksi Dalam Iklan Shopee Versi Blackpink”. JPR MEDCOM (online), Vol.1, No.1, https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM/article/view/3061/0, diakses tanggal 30 September 2021.

Tierney, Helen. (1999). Women’s Studies Encyclopedia. California: Greenwood Publishing Group.

Vera, Nawiroh. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zaini, Ahmad. 2004. “Pengaruh Kondisi Sosio-Kultural Terhadap Konsep Gender”. Jurnal Kajian Keislaman Al-Qalam (online), Vol.21, No.101, http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/alqalam/article/view/1622, diakses tanggal 21 April 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.377-390

Article Metrics

Abstract view : 357 times
PDF - 291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.