UPAYA PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR DI WILAYAH DESA PURWADANA KABUPATEN KARAWANG

Getri Sena Muetya, Maulana Rifai, Made Panji Teguh Santoso

Abstract


Memasukin periode awal 2021 beberapa daerah di Indonesia dilanda bencana banjir, Kabupaten Karawang menjadi salah satu wilayah yang terdampak banjir. Salah satu daerah terdampak di Karawang adalah Desa Purwadana yang terletak di Kecamatan TelukJambe Timur. Dengan kondisi wilayah Karawang yang dataran rendah, dan di sebagian kecil berupa dataran tinggi serta dilalui oleh sungai-sungai besar menjadi salah satu penyebab terjadi banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Karawang. Selain kondisi wilayah Karawang yang dilalui oleh Sungai-sungai besar sehingga terjadi luapan, namun perlu ditegaskan bahwa masyarakat juga memiliki andil penting dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari banjir yang berkepanjangan setiap tahunnya. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk mejabarkan dan memberi gambaran terkait Penanggulangan Bencana Banjir di Desa Purwadana Kabupaten Karawang.


Keywords


Penanggulangan Bencana, Banjir Karawang, Banjir.

Full Text:

PDF

References


Angrelia, C., Prihasta, R., Mubarok, A. C., & Utami, W. K. (2020). PERANAN PEMERINTAH KOTA TANGERANG DALAM PENANGGULANGAN DAN PENCEGAHAN BANJIR TAHUN 2020. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi. https://doi.org/10.34010/agregasi.v8i1.3060

Basir, M. A. (2019). STRATEGI PENANGGULANGAN RESIKO BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN BUTON. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.35326/medialog.v1i1.300

Gustiani, R. U., Husin, H., Afriyanto, & Anggraini, W. (2021). Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Terhadap Penanggulangan Bencana Banjir di Kota Bengkulu. Miracle Kesehatan Masyarakat, 39-46.

Imamsari, F., Triastuti, R., & Wijianto, W. (2017). PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PENANGGULANGAN BANJIR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Educitizen.

Santosa, B. H., & Koestoer, R. H. (2020). Strategi Ketahanan Kota Berkelanjutan terhadap Bencana Banjir: Birmingham dan Semarang. Jurnal Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia.

Subagyo. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabheta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1407-1411

Article Metrics

Abstract view : 565 times
PDF - 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.