PERBANDINGAN ANTARA EFEKTIVITAS METODE SIMULASI DENGAN CERAMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MATERI POKOK HAK ASASI MANUSIA PESERTA DIDIK DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Nurhalimah Riyana, Abdul Aziz Abidan

Sari


Penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan prestasi belajar peserta didik antara penggunaan metode simulasi dengan metode ceramah pendidikan kewarganegaraan pada materi pokok hak asasi manusia peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian secara Asosiatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih.Dan penelitian lapangan (field research)merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung ke lokasi yang akan diteliti. Penulis menggunakan rumus t-test polled varians, Berdasarkan analisa di atas maka diperoleh nilai thitung yaitu 0,506 dengan melihat daftar ttabel dengan jumlah sampel 48 kemudian digunakan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 -2 dan taraf kesalahan 5% adalah 2,011 dengan demikian dapat diketahui thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 0,506 <2,011 maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, artinya ada perbandingan prestasi belajar antara yang menggunakan metode simulasi dengan metode ceramah pada materi pokok hak asasi manusia kelas VII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. Ubaedillah dan Abdul Rozak, 2010,Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Jakarta: Kencana.

Affan Gaffar, 2000,Politik Indonesia Transisi Menuju Demokrasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmadi dan Prasetya. 2005. SBM strategi belajar mengajar. Bandung Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi, 2000, Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anitah, Sri,W, dkk. 2007, Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta, Universitas Terbuka.

Asri, Zainal, 2010, Micro Teaching; Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan, Jakarta: Rajawali Pers.

Aswarni Sujud, Matra Fungsional Administrasi Pendidikan, (Yogyakarta: Purbasari, 1989).

Azis Wahab, Abdul, 2009, Metode Dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Syarifuddin, 2010, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dewa Ketut Sukardi, 2003, Organisasi Administrasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.