STRATEGI PELAYANAN KESEHATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIA MALANG DENGAN ANALISIS SWOT
Abstract
Pelayanan medis kini telah berkembang menjadi pekerjaan pelayanan yang harus dimanfaatkan dengan efektif dan juga efisien, untuk itu pelayanan harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip kedokteran. Tenaga kesehatan juga harus memahami dan memiliki pengalaman di bidang kesehatan dan kesehatan masyarakat, serta harus memiliki pengetahuan dasar tentang manajemen kesehatan. Pelayanan kesehatan ini memiliki hak untuk dapat diakses oleh semua orang, dengan memperhatikan hak asasi manusia. Tidak terkecuali narapidana yang berada di Unit Pemasyarakatan Pemasyarakatan. Dalam penelitian yang dilakukan ini digunakan metode analisa SWOT berupa metode penentuan taktik organisasi dalam menentukan program atau rencana jangka pendek dan jangka panjang. Hasil penelitian menggunakan metode SWOT dengan nilai IFAS (Ringkasan Faktor Strategis Internal) sebesar 2,95 dan nilai EFAS (Ringkasan Analisis Faktor Strategis Eksternal) sebesar 3,22. Dalam diagram analisa SWOT letak garis kartesius pada sel 3 adalah support Turn Around dan taktik yang dipakai merupakan strategi bernama WO.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Biaggy, F. (2020). Upaya Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Kepada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Hukum, 3, 14.
Listiyana, I., & Rustiana, E. R. (2017). Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health, 6(1), 53. https://doi.org/10.15294/ujph.v6i1.11615
Putong, I. (2003). Teknik Pemanfaatan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri (A-SWOT-TSI). Jurnal Ekonomi & Bisnis, 2(8), 65–71.
Vlados, C. (2019). On a correlative and evolutionary SWOT analysis. Journal of Strategy and Management, 12(3), 347–363. https://doi.org/10.1108/JSMA-02-2019-0026
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1211-1216
Article Metrics
Abstract view : 229 timesPDF - 209 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.