STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH KARAWANG DALAM MELAYANI PENGADUAN MASYARAKAT MELALUI WEBSITE LAPOR

Ajeng Maryuani Kusmayadi, Wahyu Utamidewi, Rastri Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai strategi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang dalam pelayanan pengaduan masyarakat melalui website LAPOR. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait pengaduan yang disampaikan melalui website LAPOR. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan didukung dengan kajian teori perencanaan Charles Berger. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang, dengan dua orang merupakan informan utama, dan tiga orang merupakan informan pendukung. Perolehan data dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang meliputi tiga tahapan, diantaranya yaitu tahap perencanaa, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.


Keywords


Strategi Komunikasi, pelayanan pengaduan, masyarakat, website LAPOR

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Larasati, Widaya. 2016. Penanganan Pengaduan Masyarakat Sebagai Pendukung Iklim Organisasi. Jurnal Komunikasi. Vol. 10, No. 01. UIN Sunan Kalijaga.

Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss. (2009). Teori Komunikasi (Edisi 9). Jakarta: Salemba Humanika.

Masya, Fajar, Elvina, dan Simanjuntak, Fitri Maria. 2012. Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat Pada Divisi Humas Polri Berbasis Web. Journal.uii.ac.id

Mulyadi, Dedy. (2016). Studi Kebijakan Publik, dan Pelayanan Publik. Bandung: ALFABETA.

Rohmatun, Siti, Widihastuti, Ida, dan Khosyi’in, Muhammad. 2017. Pengembangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Kabupaten Jepara Berbasis Web. Jurnal Transitor Elektro dan Informatika (TRANSISTOR EI). Vol. 2, No. 2.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

DUMAS. 2021. Pengaduan Masyarakat. Dumas.kominfo.go.id. Diakses pada 15 Mei 2021. (https://dumas.kominfo.go.id).

KARAWANGKAB. 2021. Visi dan Misi. Karawangkab.go.id. Diakses pada 26 April 2021. (http://karawangkab.go.id/dokumen/visi-dan-misi).

LAPOR. 2021. Tentang LAPOR!. Lapor.go.id. Diakses pada 28 April 2021. (http://www.lapor.go.id/tentang).

MENPAN. 2021. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. Menpan.go.id. Diakses pada 29 April 2021. (https://menpan.go.id)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1184-1194

Article Metrics

Abstract view : 1615 times
PDF - 1256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.