STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DARMAHESWARA WEDDING ORGANIZER MELALUI INSTAGRAM DALAM ANALISIS SOSTAC DI MASA PANDEMI COVID-19

Ghassani Shabrina Prasetyo, Heidy Arviani

Abstract


Bisnis wedding organizer merupakan salah satu bisnis yang terdampak pandemi COVID-19 sebab adanya peraturan-peraturan yang membatasi aktifitas orang-orang untuk berkerumun. Dalam usahanya menghadapi pandemi, wedding organizer menjalankan strategi komunikasi pemasaran, salah satunya wedding organizer Darmaheswara. Dianalisis menggunakan teori SOSTAC (Situation, Objectives, Strategy, Tactic, Action, Control), penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Darmaheswara di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Darmaheswara telah menjadi 1 dari 5 wedding organizer terbaik di Jawa Timur. Tujuan strategi yang dibuat adalah posisi yang stabil dan menghindari kerugian, dan juga menumbuhkan rasa kepercayaan kepada para calon client. Aktifitas komunikasi pemasaran melalui akun instagram @darmaheswara dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada, seperti unggahan foto dan video di feeds, instagram story, highlight instagram story, reels, IG TV, IG Ads, dan insights. Darmaheswara juga membuat program internship dan bundling promo dengan vendor acara wedding lainnya. Hasil startegi yang telah berjalan selama pandemi COVID-19 ini adalah adanya kenaikan jumlah client hingga 40-50% dari tahun tahun sebelumnya.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Instagram, SOSTAC, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Al Husna, V., & Lamsah, F. Y. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online Terhadap Jasa Wedding Organizer di Banjarmasin. Repository Universitas Islam Kalimantan.

Aliansyah, Muhammad Rifqi dan Dini Salmiyah. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Forever Young Crew). e-Proceeding of Management, 4(3).

Amalina, Nur Sabila. (2019). Digital Marketing. Universitas STEKOM Semarang.

Chaffey, Dave dan PR Smith. 2017. Digital Marketing Excellence. Britania: Taylor&Francis https://doi.org/10.4324/9781315640341

Lestiana, Nurian. 2016. Aktifitas Promosi Kuliner Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Mengenai Aktivitas Promosi Kuliner pada Akun Instagram @kulinerdisolo di Kota Solo). Jurnal Kommas

Pradana, Wahyu Wira, Azainil, dam Annisa. (2019), Strategi Komunikasi Pemasaran Geprek Express Melalui Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan. eJournal Ilmu Komunikasi, 7(3).

Shalihah, Nur F. (2020, April 19). Total 1,9 Juta Pekerja Di-PHK dan Dirumahkan akibat Pandemi Virus Corona.

(https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/19/081000465/total-19-juta-pekerja-di-phk-dan-dirumahkan-akibat-pandemi-virus-corona?page=all, diakses pada 14 Juli 2021)

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Widya, Arintha. (2021). Sempat Sepi, Begini Strategi Bisnis Wedding Organizer Bertahan di Tengah Pandemi.

(https://www.parapuan.co/read/532717421/sempat-sepi-begini-strategi-bisnis-wedding-organizer-bertahan-di-tengah-pandemi?page=3, diakses pada 17 Juli 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1177-1183

Article Metrics

Abstract view : 887 times
PDF - 837 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.