NARAPIDANA LANSIA DALAM MENJALANI MASA PIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Charisma Vidyanata

Abstract


Lansia termasuk ke dalam kelompok rentan. Rentan dalam hal kesehatan fisik maupun psikis, dan factor lainnya. Keberadaan lansia di Lembaga Pemasyarakatan perlu diberikan perlakuan khusus yang sesuai dengan kebutuhannya sebagai lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut ragam permasalahan yang dialami oleh narapidana lansia dalam menjalani masa pidana di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara. Kegiatan pembinaan kepribadian dan kemandirian terhadap narapidana Lansia juga perlu memperhatikan dan menyesuaikan dengan kemampuannya. Kebutuhan pelayanan kesehatan terhadap narapidana lansia juga perlu diperhatikan dengan baik dan berkala. Hasil penelitian merekomendasikan agar Lansia diberikan pelayanan kesehatan baik fisik maupun psikisnya dengan mendatangkan psikologis dan dokter untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Hal ini membutuhkan sinergitas antara pihak Lembaga Pemasyarakatan/Runah Tahanan Negara dengan stakeholder terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan daerah setempat. Selain itu, fasilitas di Lembaga Pemasyarakatan/Runah Tahanan Negara juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan narapidana Lansia.


Keywords


Pemasyarakatan, Lansia, Narapidana

Full Text:

PDF

References


Kurniyawan, A. (2020). Jakarta Statement Menuju Jakarta Rules: Strategi Melindungi Hak Narapidana Lanjut Usia. Jurnal HAM, 11(1), 99-115.

Kuhlmann, R., & Ruddell, R. (2005). Elderly Jail Inmates. Californian Journal of Health Promotion, 3(2), 49-60.

HAWA, S., & ASTUTI, P. (2019). Pidana Penjara Jangka Pendek Terhadap Narapidana Lanjut Usia (Studi Kasus Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban). JURNAL NOVUM, 1(3).

Hikmawati, P. (2020). Peniadaan Pidana Penjara bagi Pelaku Lansia dalam Pembaruan Hukum Pidana, Dapatkah Keadilan Restoratif Tercapai?(Elimination of Imprisonment for Erderly Criminal Offenders in Criminal Law Reform, Can Restorative Justice Be Achieved?). Negara Hukum: Membangun Hukum untuk Keadilan dan Kesejahteraan, 11(1).

Ni Luh, S. (2019). PENJARA SEBAGAI PILIHAN HIDUP BAGI SEBAGIAN LANSIA DI JEPANG. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2018/2019 (Vol. 7, No. 1, pp. 17-27). Unsada.

Bukit, P. B. (2017). Pemidanaan terhadap pelaku tindak pidana narkotika lanjut usia di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS TARUMANEGARA).

Mutianingsih, M., & Mustikasari, M. (2019). Dampak Psikologis Gempa Bumi terhadap Kelompok Rentan: Lansia. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 15(1), 18-23.

Adiansyah, A., & Sukihananto, S. (2017). Kekerasan fisik dan psikologis pada narapidana lansia di lembaga pemasyarakatan jawa barat. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(3), 168-175.

Kuhlmann, R., & Ruddell, R. (2005). Elderly Jail Inmates. Californian Journal of Health Promotion, 3(2), 49-60.

Anno, B. J., Graham, C., Lawrence, J. E., Shansky, R., Bisbee, J., & Blackmore, J. (2004). Correctional health care: Addressing the needs of elderly, chronically ill, and terminally ill inmates. Middletown, CT: Criminal Justice Institute.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1151-1156

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.