HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK LPKA KLAS I PALEMBANG

Muhammad Suma Amaruz Yusti, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Konsep diri menjadi salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam diri seorang individu, terutama pada seorang anak. Konsep diri yang dimiliki oleh seorang anak akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri yang mereka miliki. Kepercayaan diri membantu seorang individu untuk dapat berani dan berinteraksi dengan pihak luar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat adanya hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri yang berada di dalam diri seorang individu. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuisioner kepada para anak didik LPKA Klas I Palembang. Dalam melakukan analisa data, peneliti menggunakan metode regresi linear sederhana. Hasil yang ditemukan di dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri pada anak didik pemasyarakatan. Hasil hubungan yang di dapatkan adalah sebesar 69 persen.


Keywords


konsep diri, kepercayaan diri, kuantitatif

Full Text:

PDF

References


Calhoun, J.F., dan Acocella, J.R. 1995 Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan Alih Bahasa: R.S. Satmoko IKIP Semarang Press Semarang.

Chaplin, J.P. 2000 Kamus lengkap psikologi. Alih Bahasa: Kartini Kartono Raja Grafindo Persada Jakarta.

Nicholas M.C Bala dan Rebecca Jaremko Bromwich Et. Al. Juvenille Justice System Loc.Cit., hlm.. 2

Oliver W. Edwards (2009) A choice theory teaching and learning model forworking with children of prisoners, Educational Psychology in Practice: theory, research andpractice in educational psychology, 25:3, 259-270, DOI: 10.1080/02667360903151833




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1118-1123

Article Metrics

Abstract view : 265 times
PDF - 335 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.