POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS JALAK SUREN KARAWANG DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS

Nunu Nugraha, Firdaus Yuni Dharta, Nurkinan Nurkinan

Abstract


Semua kegiatan manusia membutuhkan komunikasi yang baik secara verbal maupun non verbal. Salah satu bentuk dari kegiatan manusia yang memerlukan komunikasi adalah kegiatan bersosialisasi melalui komunitas. Saat ini banyak sekali komunitas atau organisasi yang terbentuk dari tujuan dan keinginan setiap diri manusia. Komunitas atau organisasi tersebut dibentuk secara sengaja dalam menjadi wadah setiap orang yang memiliki kegemaran atau keinginan yang sama. Membangun ikatan baik antara setiap individu harus dilakukan secara bersama-sama, maka dari itu dibutuhkan kesadaran masing-masing anggota untuk membangun solidaritas dalam setiap komunitas atau organisasi yang berlandasan dari kebutuhan bersama. Solidaritas ini akan menjadi tanggung jawab bersama masing-masing individu dalam Komunitas Jalak Suren Karawang. Komunitas Jalak Suren Karawang dibentuk bukan sekedar atas dasar hobi dan kegemaran belaka, namun Komunitas ini juga dibentuk atas dasar kepedulian sosial kepada masyarakat. Dalam setiap kegiatannya Komunitas ini berupaya meningkatakan silaturahmi antar anggota dengan masyarakat Karawang itu sendiri dengan segala program-program yang telah dibuat oleh Komunitas Jalak Suren Karawang. Tujuan penelitan ini untuk Muengetahui pola komunikasi komunitas jalak suren karawan, untuk mengetahui hambatan komunikasi komunitas jalak suren karawang, dan untuk mengetahui kepedulian komunitas terhadap masyarakat atau anggota yang membutuhkan. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode penelitiam kualitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk melukiskan, menggambarkan, atau memaparkan keadaan objek (realitas atau fenomena) secara apa adanya, sesuai dengan situasi dan kondisi pada saat penelitian itu dilakukan, dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pola komunikasi yang terbentuk pada proses komunikasi adalah pola bintang.


Keywords


Pola Komunikasi, Komunitas, Solidaritas.

Full Text:

PDF

References


Cangara, H. Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi Kedua. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Mulyana, Deddy. (2016). Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ruliana, Poppy. (2016). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan : Referensi GP Press Group.

Ratna Suminar, Jenny. (2016). Komunikasi Antarpribadi. Bandung : UNPAD Press.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Prenadamedia Group.

Nurhikmah. (2013). Pola komunikasi organisasi benteng panynyua english club dalam mempertahankan solidaritas. [Skripsi]. Makassar : Ilmu Komunikasi Pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Septianto, Erizkiawan (2016). Pola Komunikasi Komunitas Indonesia Calya Sigra Family Family Chapter Chapter Becika dalam Mempertahankan Solidaritas [Skripsi]. Jakarta : Program Studi Ilmu komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu komunikasi Profesi Indonesia (STIKOM PROSIA).

Ari Dayanti, Windi. (2019). Pola Komunikasi Organisasi Motor Classic Kuantan Singingi Dalam Program Kepedulian Masyarakat [Skripsi]. Riau : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau.

Hadi Safitri, Riezki. (2012). Pola Komunikasi Slankers Club Solo Dalam Mempertahankan Eksistensi Komunitas [Skripsi]. Surakarta : Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.

Putra Setiawansyah, Ade. (2017). Pola Komunikasi Komunitas Madridista Banda Aceh Dalam Melakukan Kegiatan Sosial [Skripsi]. Banda Aceh : Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Kusumastuti, Ambar. (2014). Peran Komunitas Dalam Interaksi Sosial Remaja Di Komunitas Angklung Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewa, Ayu Hendrawathy Putri. Kapita Selekta Ilmu Komunikasi (Memahami Komunikasi Secara Teoritis Dan Konseptual). Widya Duta, Vol. 13. No. 2. 2018.

Krisna Mulawarman, M.Sn. Yeni Rosilawati, MM. Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Makna Vol. 5 No. 1 2015.

Rismayanti. Hambatan Komunikasi Yang Sering Dihadapi Dalam Sebuah Organisasi. Jurnal Volume IV No. 1 Juli - Desember 2018.

Ahmad Rijali, “Analisis Data Kualitatif”. Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018.

Denia Dwi Putri. Pola Komunikasi Pada Program Mentoring (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Program Mentoring Young On Top Campus Ambassador). Jurnal Liski, Vol. 2. No. 2. 2016.

Saidang, Suparman. Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan – Vol 3, No. 2 (2019); 122-126.

Oviva Tidal Jumrad, Oviva Tidal Jumrad. Fungsi Komunikasi Dalam Organisasi Melalui Group Chat Whatsapp Oriflame. Jurnal Common Volume 3 Nomor 1 Juni 2019.

Nurul Fajri Bakhtiar. 2017. Pola Komunikasi Organisasi Riau Drummer Community (RDC) Pekanbaru dalam Mempertahankan Solidaritas Komunitas. http://repository.uir.ac.id/2185/. (Diakses pada 8 Maret 2021).

Artikel tentang komunitas. https://infed.org/community/. (Diakses pada tanggal 9 Maret 2021 Pukul 20.30 WIB).

Artikel tentang Solidaritas. https://www.dosenpendidikan.co.id/solidaritas. (Diakses pada tanggal 9 Maret 2021 Pukul 21.00 WIB).

Kelas pintar, Jenis-Jenis Paradigma dalam Penelitian Sosial, https://www.kelaspintar.id/edutech/jenis-jenis-paradigma-dalam-penelitian-sosial. (Diakses pada tanggal 26 maret 2021, pukul 10.00 WIB).

Pakar Komunikasi, Teori Penetrasi Sosial, https://pakarkomunikasi.com/teori-penetrasi-sosial. (Diakses Pada Tanggal 3 April 2021, Pukul 10.00 WIB).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.980-991

Article Metrics

Abstract view : 365 times
PDF - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.