PENGARUH INTENSITAS, ISI PESAN, DAN DAYA TARIK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TERHADAP SIKAP MASYARAKAT

Iis Samsiyah, Siti Nursanti, Made Panji Teguh Santoso

Abstract


Penelitian ini berfokus pada iklan layanan masyarakat mengenai program vaksinasi yang disampaikan pemerintah melalui media massa televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efek iklan layanan masyarakat program vaksian terhadap sikap masyarakat dalam mengikuti vaksinasi di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat seperti dilihat dari intensitas variabel iklan, pesan iklan dan daya tarik iklan. Televisi sendiri merupakan media yang dipilih masyarakat dalam melihat perkembangan penyebaran virus Covid-19. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif survei dengan analisis data menggunakan teori Uses and Gratification. Penelitian ini memiliki hasil 66,7%, yang berarti bahwa semua variabel memiliki pengaruh pada sikap masyarakat dalam mengikuti program vaksinasi dan sisanya 33,3% yang dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.


Keywords


Iklan layan masyarakat; program vaksinasi; sikap masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Makasar: Alauddin University Press.

Hastuti, S. (2013). Efektivitas iklan layanan masyarakat di televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 67-72.

Hergenhahn, B. R., & Olson, M. H. (2001). An Introduction to Theories of Learning. New Jersey: Prentice-Hall.

Junaedi, F., Rahman, T., Sudiwijaya, E., Nurjanah, A., Nur R, D. T., Aziz, M. S., et al. (2020). Dinamika Komunikasi di Massa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Buku Litera.

Kemkes. (2021, Januari 13). Program Vaksinasi Covid-19. Dipetik Maret 20, 2021, dari kemkes.go.id: http://p2p.kemkes.go.id/program-vaksinasi-covid-19-mulai-dilakukan-presiden-orang-pertama-penerima-suntikan-vaksin-covid-19/

Kuswandi, W. (2008). Komunikasi Massa Analisis Interaktif Bidaya Massa. Jakarta: Rineka Cipta.

Littejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Morisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nielsen. (2020, Maret 23). Covid-19 berdamapak pada konsumsi media. Dipetik Maret 15, 2021, dari nielsen.com: https://www.nielsen.com/id/id/press-releases/2020/covid-19-dan-dampaknya-pada-tren-konsumsi-media/

Nisa, N. K. (2015). Strategi kreatif iklan layanan masyarakat (ILM) dalam pemasaran sosial. Jurnal Interaksi, 158-164.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahman, M. A. (2019, Januari). Pengaruh kampanye imunisasi measles Rubella melalui iklan layanan masyarakat oleh Kementrian Kesehatan RI terhadap perilaku masyarakat (survei pada masyarakat di Tanggerang Selatan). Undergraduate Thesis. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: FISIP, Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional "VETERAN" Jakarta.

Riwayati, S. (2017, Februari). Pengaruh iklan layanan masyarakat memakai helm pada saat mengendarai roda dua terhadap perubahan sikap pendengar sriwijaya radio (Studi Pada Kecamatan kertapati kelurahan kemas Rindo RT. 10 RW.03). Undergraduate Thesis. Palembang, Sumatra Selatan, Indonesia: Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Jurnalistik, Universitas Islam Negeri Raden Patah Palembang.

Rohmah, N. N. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa Pandemik Global Covid 19 (kajian analisis teori Uses and Gratification). Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(1), 1-16.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1th ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitataif, dan R & D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Talaumbanua, D. (2020). Urgensi pembentukan aturan terkait pencegahan Covid-19 di Indonesia. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 59-70.

Ti, L., Fast, D., Small, W., & Kerr, T. (2017). Perceptions of a drug prevention public service announcement campaign among street-involved youth in Vancouver, Canada: a qualitative study. Harm Reduction Journal, 1-8.

West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory : Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan: FEB-UP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.971-979

Article Metrics

Abstract view : 626 times
PDF - 493 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.