PERAN INFORMASI DI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PRO ENVIRONMENTAL

Rizal Apriyadi Muharram, Herry Fernandes Butar Butar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor media sosial yaitu pesan serta kekuatan persuasif media sosial dengan perubahan sikap pro environmental yang akan mengarah pada perubahan perilaku. Peneliti menggunakan Teori Respon Kognitif untuk kerangka dasar ilmiah pada penelitian dimana teori ini menjelaskan bahwa khalayak secara aktif terlibat langsung pada proses penerimaan informasi dan mengevaluasi informasi yang diterimanya berdasarkan pengetahuan serta sikap yang telah dimiliki sebelumnya dimana sikap dan pengetahuan tersebut akan mengarah pada perubahan sikap. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Universitas Padjadjaran dengan jadwal penelitian yang dilaksanakan selama sepuluh hari. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi spearman’s rho dan hasilnya membuktikan bahwa terrdapat hubungan antara pesan di media sosial dan kekuatan perrsuasif media sosial dengan perubahan sikap, dan perubahan sikap tersebut juga memiliki hubungan dengan perubahan perilaku pro environmental. bahwa 51,5% mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2018 setuju bahwa mereka melihat teks video ataupun foto tentang pencemaran lingkungan di media sosial. 64,6% mahasiswa menyetujui bahwa konten yang disediakan di media sosial dapat mendorong seseorang untuk mengambil tindakan terhadap permasalahan lingkungan. 80,8% mahasiswa sangat setuju bahwa lingkungan harus dijaga untuk generasi masa depan yang lebih baik dan 77,8% mahasiswa selalu mematikan air ketika selesai mandi.

Keywords


sikap; perilaku; pro environmental; media sosial; hubungan;

Full Text:

PDF

References


Adina T.Abeles, L. C. (2019). Perception of public opinion on global warming and the role of opinion deviance. Journal of Environmental Psychology, 118-129.

Aizebeokhai, A. P. (2009). Global warming and climate change: Realities, uncertainties and measures . International Journal of Physical Science.

Amandeep Kaur, D. H. (2018). Role of Social Media in increasing Environmental issue Awareness. Journal of Arts, Science & Commerce , 19-27.

Annika M.Nordlund, J. G. (2002). Values Structures Proenvironmental Behavior. Environmental and Behaviour , 740-756.

Eliana Andréa Severo, J. C. (2019). The Influence of Social Networks on Environmental Awareness and the Social Responsibility of Generations. BBR, 501-518.

George E Belch, M. A. (2003). GeorgeE.,MichaelA.Belch,2003. Advertising and Promotion An. HillCompanies: McGraw.

Heridiansyah, J. (2012). Pengaruh Advertising Terhadap Pembentukan Brand Awareness Serta. JURNAL STIE SEMARANG, 53-73.

Kiyo Kurisu, N. K. (2019). Expression effects of public service advertisements on intentions to act for global warming. Journal of Cleaner Production, 1045-1054.

Monika Nalewajek, R. M. (2013). THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN BUILDING AWARENESS OF RESPONSIBLE CONSUMPTION. Knoelegde Management & Innovation , 837-844.

Ogunjinmi, A. A., S., O. R., O., & K. O. and Adekoya, O. (2016). Influence of Social Media On Climate Change Knowledge And Concerns. Nigerian Journal of Agriculture, Food and Environment, 23-30.

Permadina Kanah Arieska, N. H. (2018). PEMILIHAN TEKNIK SAMPLING BERDASARKAN PERHITUNGAN EFISIENSI RELATIF . Statistika, 166-171.

Rosa Paola Ramírez-Preciado, J. G.-P. (2019). Effects of global warming on the potential distribution ranges of six Quercus. Elsevier, 32-38.

Selama, R. B. (2018). Impact of the Artificial Surfaces Sunk on the Global Warming by the Absorption of the Solar Radiation and the Albedo Coefficient Modification . Journal of Climatology & Weather Forecasting .

Trimartati, N. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan . PSIKOPEDAGOGIA, 21-28.

Valentina Grasso, I. Z. (2016). Weather events identification in social1 media streams: tools to detect their evidence in Twitte. PeerJ Preprints , 2-8.

Varsha Sharma, I. N. (2017). Global warming : causes and effects. Conference proceding, 70-73.

Vlek, L. S. (2019). Encouraging pro-environmental behaviour: An integrative review and research agenda. Journal of Environmental Psychology, 310-317.

William D. Crano, M. B. (2015). PRINCIPLES AND METHODS OD SOCIAL RESEARCH . New York: Routledge .

Zhang, W., & Zhou, T. (2020). Increasing impacts from extreme precipitation on population over China with global warming. Science Bulletin, 243-252.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.954-962

Article Metrics

Abstract view : 432 times
PDF - 288 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.