TINGKAT KEPUASAN NASABAH PENGGUNAAN MOBILE BANKING PADA PT BANK MANDIRI

Faisal Prima Agdhanni, Nuruni Ika Kusuma Wardhani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah menggunakan mobile banking. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel dependennya yaitu tingkat kepuasan nasabah. Sampel penelitian ini adalah nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Surabaya Darmo Raya. Sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung ke nasabah sebanyak 63 kuesioner. Metode statistik menggunakan Skala Likert, Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang tentang fenomena yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh postif terhadap tingkat kepuasan nasabah.

Keywords


Persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, tingkat kepuasan nasabah.

Full Text:

PDF

References


Andryanto, R. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli di Toko Online (Studi Empiris yang dilakukan pada OLX. Co. id di Yogyakarta). Skripsi. Jurusan Manajemen, Universitas Negeri Yogyakarta

Himawati, R. R. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (studi kasus pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor cabang syariah Solo) (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA)

Lambertus, N. G. (2020). Analisis Tingkat Pengetahuan Nasabah Terhadap Minat Penggunaan Fasilitas Mobile Banking Pt Bank Tabungan Negara (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Priambodo, S., & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(2), 127-135.

Purwati, N. A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Persepsi terhadap Minat Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah (Studi pada PT Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam Banda Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

RICMALA, Z. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, dan Sikap Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Bagi Nasabah Bank Mandiri di Surabaya (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Setiawan, R. A. (2019). PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN SIKAP PENGGUNAAN TEKNOLOGITERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKINGDENGAN PERSEPSI MANFAAT (USE USEFULNESS) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).

Simamora, E. R. (2007). Analisis Faktor–Faktor Yang Membangun Kepuasan Nasabah Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi empiris nasabah PT. Bank Tabungan Negara cabang Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.188-194

Article Metrics

Abstract view : 869 times
PDF - 574 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.