PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN KOPKAR SAMPOERNA SURABAYA

Putri Ade Cahyanti, Mei Retno Adiwati

Abstract


Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh Manajemen Sumber Daya Manusia. Ini karena peran manusia yang begitu penting dalam menunjang pencapaian tujuan perusahaan yaitu mendapatkan keuntungan yang optimal serta dapat mempertahankan usaha yang sedang dijalankan dalam jangka waktu panjang, meskipun berbagai faktor yang dibutuhkan telah tersedia perusahaan tidak akan berjalan.  Untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut, perusahaan harus mampu mengelola sumber daya manusia dan melakukan pendekatan kepada karyawannya supaya  pekerja dapat bekerja secara produktif dan puas. Tujuan dari penelitian ini tidak lain adalah ingin mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan KopKar Sampoerna Surabaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan KopKar Sampoerna Primer dan Rungkut 2 berjumlah 50 responden. Metode non probability sampling sebagai metode pengambilan sampel dan teknik sampling jenuh sebagai teknik pengambilan sampel, metode sampling jenuh yaitu seluruh karyawan KopKar Sampoerna Surabaya sejumlah 50 responden. Peneliti ini juga mengadopsi teknik Partial Least Square (PLS) sebagai teknik analisis data penelitian. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja mempunyai pengaruh signifikan(positif) terhadap kepuasan kerja karyawan.


Keywords


kepemimpinan, motivasi kerja, kepuasan kerja karyawan

Full Text:

PDF

References


A.A Gede Dharma Saputra, Agoes Ganesha Rahyuda. 2018. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kontrak Sekretariat Kantor Walikota Denpasar: E-Jurnal Manajemen Unud. 7(5): 2565-2591. Bali: Universitas Udayana.

Dyasnu Subanar. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan CV.Abankirenk Yogyakarta [skripsi]. Yogyakarta(ID): Universitas Negeri Yogyakarta.

Endo Wijaya Kartika. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja(Studi Kasus pada Karyawan Restoran di Pakuwon Food Festival Surabaya): Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 12(1): 100-112. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Mada Adi Wibowo, Yanuar Surya Putra. 2016. Pengaruh Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum (RSU) Salatiga: Among Makarti. 9(17): 1-20. Dosen Tetap STIE AMA Salatiga.

Regina F. Kondoy, Olivia Nelwan. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Orientasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bank Sulawesi Utara, Manado: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA). 3(3): 1208-1219. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ronna Yulia W., Rita N. Taroreh, Yantje Uhing. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Cinemaxx Lippo Plaza Manado: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA). 5(2): 298-307. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.

Widya Parimita, Siti Khoiriyah, Agung Wahyu Handaru. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT Tridaya Eramina Bahari: Jurnal Riset Manejemen Sains Indonesia(JRMSI). 9(1): 125-144. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Yusron Rozzaid, Toni Herlambang, Anggun Meyrista Devi. 2015. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Studi Kasus Pada PT Nusapro Telemedia Persada Cabang Banyuwangi: Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. 1(2): 201-220. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.143-150

Article Metrics

Abstract view : 468 times
PDF - 435 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.