OPTIMALISASI DIPLOMASI TNI ANGKATAN LAUT DALAM MENDUKUNG KEBIJAKAN INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA

Daniel Iwan Setiawan, Werijon Werijon, Dadang Widyanto

Abstract


Sebagai Negara yang memiliki posisi strategis yang terletak diantara dua benua dan dua samudera Indonesia akan menghadapi bahaya kedaulatan. Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia Poros Maritim Dunia (PMD) adalah suatu visi pemerintah  untuk mewujudkan Indonesia menjadi sebuah negara maritim yang kuat. Dalam mendukung Kebijakan Poros Maritim Dunia maka peran Diplomasi TNI AL yang dijalankan harus dioptimalkan. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil beberapa referensi dari jurnal, buku, penelitian terdahulu, berita dan beberapa aturan aturan yang berkaitan. Untuk mengoptimaikan Diplomasi TNI AL dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia diperlukan postur TNI AL ideal yang terdiri atas sejumlah Alutsista modern. Pelaksanaan Diplomasi TNI AL dibutuhkan personel yang mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi baik secara kuantitas maupun kualitas, sehingga peran TNI AL dalam mendukung kebijakan Kelautan Pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dapat dilaksanakan secara optimal. Diperlukan sinergitas untuk menciptakan kesatuan persepsi dan tindakan diantara seluruh stakeholder kemaritiman untuk melaksanakan optimalisasi Diplomasi TNI AL dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Kesimpulan dari penelitian ini ada tiga hal dalam pengoptimalan diplomasi maritim. yaitu pertama meningkatkan kecanggihan alutsista, kedua peningkatan SDM TNI AL dan ketiga peningkatan sinergitas.


Keywords


Optimalisasi, Diplomasi, TNI AL, Poros Maritim Dunia

Full Text:

PDF

References


Booth, Ken. 1997. Navies and Foreign Policy. London: Croom Helm.

Dokumen Nasional Kebijakan Kelautan Indonesia, Lampiran Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2017, 32.

Kusumawardani, Indriati. nd. Kebijakan Kelautan Indonesia. 254-255.

Marsetio. 2014. Manajemen Strategis Negara Maritim Dalam Perspektif

Ekonomi Dan Pertahanan. makalah ilmiah Program Pasca Sarjana STIMA IMMI Jakarta.

Marsetio. 2014. TNI AL Berkelas Dunia: Paradigma Baru. Jakarta: Markas Besar TNI AL.

Penjelasan Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 9.

Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2017 tentang Kebijakan Kelautan Indonesia, Pasal 1 ayat 2.

Rijal, Khairul, Najamuddin. 2013. Smart Maritime Diplomacy:Diplomasi Maritim Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia. Jurnal Global dan Strategis, Nomor 1, 2013, 69-72

Supandi, Ade. 2015. Pembangunan Kekuatan TN IAL Dlaam Rangka Mendukung Visi Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. Jurnal Pertahanan Volume 5, Nomor 1, Agustus 2015, 14.

Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, pasal 9c




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.151-159

Article Metrics

Abstract view : 757 times
PDF - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.