EFEK BRAND AMBASSDOR DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP DI SURABAYA TIMUR

Sendy Putri Sukmawati, Pandji Soegiono, Zumrotul Fitriyah

Abstract


Masyarakat modern umumnya akan membeli suatu produk yang mampu memberikan efektifitas, efisiensi waktu, serta praktis, beranjak dari hal inilah berbagai produk makanan instan mulai beredar dipasaran. Tujuan dari dilangsungkannya penelitian ini ialah guna memperoleh beberapa informasi serta menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh brand ambassador dan iklan terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap di Surabaya Timur. Penelitian ini dilakukan dengan mengadopsi jenis penelitian deskriptif kuantitatif, serta menerapkan non probability sampling dengan teknik accidental sampling kepada 96 responden konsumen Mie Sedaap di Surabaya Timur. Seluruh hipotesis di dalam penelitian ini diuji dengan menerapkan penganalisisan yang mengadopsi SEM berbasis komponen dengan menggunakan PLS. Kuisioner online yang dilakukan dengan memanfaatkan Google Form menjadi alat ukur yang diterapkan di dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan secara statistik, peneliti mendapati bahwa brand ambassador dan iklan dapat mempengaruhi keputusan pembelian Mie Sedaap di Surabaya Timur secara signifikan. Dengan diperolehnya hasil dari dilangsungkannya penelitian ini, maka dapat dipaparkan bahwa sebesar 67,5% variabel keputusan pembelian mendapatkan pengaruh dari variabel independen yaitu brand ambassador (X1) dan Iklan (X2). Sementara itu, sejumlah 32,5% lainnya berasal dari variabel keputusan pembelian tersebut memperoleh pengaruh yang disebabkan oleh sejumlah variabel di luar pembahasan penelitian ini.


Keywords


Brand Ambassador, Iklan, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arisanti, R. & Zulaikha. 2019. Pengaruh Citra Aayu Ting Ting Sebagai Brand Ambassador Iklan Rexona Deo Lotion Dalam Keputusan Pembelian di Desa Karangan, Trenggalek

Ferdinand. 2002. Structural Eqation Modeling (SEM) dalam Penelitian Manajemen. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gita dan Setyorini. 2016.‘Pengaruh Brand Ambassador terhadap Brand Image Perusahaan Zalora.co.id’, vol. 3, no. 1, pp. 620-626.

Ilaysah, H.L & Sulistyowati, R. 2020. Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia

Kotler, P dan Armstrong, G, 2018,Kotler & Armstrong, Principles of Marketing,,

Kotler, P dan Keller, KL, 2016,Marketing Management, 15ed.Pearson Education Limited, England.

*Belanja iklan Mie Sedaap 2019 https://cacala.id/2019/09/03/rcti-teratas- mie-sedap-merek-pembelanja-iklan-tertinggi/

*Siwon Kini Menjadi Brand Ambassador Mie Sedaap, 2019, https://www.marketeers.com/siwon-kini- menjadi-brand-ambassador-mie-sedaap/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.77-82

Article Metrics

Abstract view : 453 times
PDF - 463 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.