MINAT BELI KONSUMEN KAUM MILLENIAL PADA BAJU BATIK DI SURABAYA

Dhianita Yasmin, Nuruni Ika Kusuma Wardhani, Zumrotul Fitriyah

Abstract


Millenial merupakan agen perubahan untuk mengukur suatu bangsa, apakah dapat berubah menjadi lebih baik atau mengalami kemunduran. Millennial memegang peran sangat penting untuk bangsa Indonesia. Pelestarian batik pada kaum millennial memiliki potensi untuk mengembangkan budaya Indonesia menjadi karakteristik suatu bangsa. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahuiIpengaruh gaya hidup dan desain produk terhadap minat beli pada batik di Surabaya. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen batik di wilayah Surabaya Selatan, dengan menggunakan metode non probability sampling dalam mengambil sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan jumlah sampel sebesar 70 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup dan desain produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada batik di Surabaya.


Keywords


Gaya Hidup, Desain Produk, Minat Beli.

Full Text:

PDF

References


Abdul, H. (2018). Ini Penyebab Batik Kurang Diminati Anak Muda. Diunduh di https://akurat.co/ini-penyebab-batik-kurang-diminati-anak-muda.

Ariela, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.

Azhar, A. R., & Siswanto, R. A. (2018). Experimentasi Perpaduan Motif Batik Dengan Desain Kasual. 5(3), 954–969.

Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lutfiati, D. (2017). Minat Konsumen Terhadap Batik Mirota Surabaya. Penelitian Busana Dan Desain, 1(1), 1–10.

Noor, L. S., Nurapriyanti, D., & Alkaf, F. T. (2

. MINAT BELI BATIK PUCON DI JAKARTA. 5(3), 285–296.

Rossa, T. De, Sn, S., Desain, J., Industri, P., Teknik, F., Teknologi, I., & Nopember, S. (n.d.). Perancangan Desain Motif Batik Berkarakter Kota Surabaya. 1–6.

Saidani, B. (2013). KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG SERI GALAXY ( SURVEI PADA PELANGGAN ITC ROXY MAS ) Pendahuluan. 4(1), 53–73.

Sanjaya, F., & Yuwanto, L. (2019). Budaya Berbusana Batik pada Generasi Muda. Mediapsi, 5(2), 88–96. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2019.005.02.3

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 4(2), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.19-24

Article Metrics

Abstract view : 3222 times
PDF - 1813 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.