OPTIMALISASI KUALITAS KERJA ORGANISASI MELALUI PENDEKATATAN INTERPERSONAL PEMIMPIN

Elika Sifra Lidya, Efaldi Butar-butar

Abstract


Optimalisasi kerja suatu organisasi adalah peningkatan/pengoptimalan proses dalam mencapai tujuan dengan pemanfaatan Sumber Daya Manusia yang ada.Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh interpersonal seorang pemimpin dalam optimalisasi kerja,serta mengedukasi bagaimana kualitas kerja di dukung lewat aspek gaya kepemimpinan.Melalui pendekatan dan komunikasi interpsersonal seorang pemimpin yang memengaruhi motivasi dan semangat kerja seorang pegawai,didukung juga lewat edukasi dan gaya kepemimpinan yang mana ciri khas dalam organisasi.Kepemimpinan mecerminkan bagaimana gambaran sebuah organisasi.Optimalisasi kualitas kerja pegawai dapat meningkat dan menurun salah satu pengaruhnya adalah lewat interpersonal pemimpin yakni gaya kepemimpinan yang dibudayakan dalam organisasi tersebut.


Keywords


Optimalisasi kualitas kerja, Interpersonal, Kepemimpinan

Full Text:

PDF

References


Afriyadi, Ferry.2015. Efektivitas Komunikasi Interpersonal antara Atasan dan Bawahan Karyawan PT.BORNEO ENTERPRISINDO SAMARINDA(hlm.364-369).Universitas Mulawarman Perilaku Organisasi.pdf (uinsu.ac.id)

AKBAR, Muh Firyal. Analisis Peran Kepemimpinan Camat Di Kantor Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 2016, 1.2: 158-168

Anggung Manumanoso Prasetyo,Muhammad.(2021)Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional.Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.5, No.1

Cahyono, E. A., & Adnyani, I. D. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Bagian Engeneering Pada PT. Arabikatama Khatulistiwa Fishing Industry Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 3(9).

Fuad, A. (2017). Peran komunikasi interpersonal dalam menghadapi konflik organisasi. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1).

Haryati, R. A. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 3(1), 91-98.

Hidayat, R. (2017). Peningkatan aktivitas komunikasi interpersonal dalam organisasi melalui perbaikan efikasi diri, kepemimpinan dan kekohesifan tim. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 161-170.

Imron, I. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kerjasama Tim, dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja dan Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai. JEM Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 64-83.

Mangunsong, F. (2009). Faktor intrapersonal, interpersonal, dan kultural pendukung efektivitas kepemimpinan perempuan pengusaha dari empat kelompok etnis di Indonesia. Makara, Sosial Humaniora, 13(1), 19-28.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147.

Ningrum, M. E. (2020). Peranan Komunikasi Internal di Lingkungan Kerja. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 3(1).

Nurjaman, R. (2019). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PEMIMPIN ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI ANGGOTA PADA PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA CABANG KOTA BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wijaya,Candra.2017 Perilaku Organisasi.Medan. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Jl. Seser Komplek Citra Mulia Blok D. 14 Medan Contact Person: 081361429953 Email: www.lpppi_press@gmail.com Website: www.lpppindonesia.com




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.812-820

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.