TIPE-TIPE KEPEMIMPINAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Andi Alifsa Muhammad Mahendra, Andhika Marjaya

Abstract


Kepemimpinan merupakan kekuatan untuk mempengaruhi seseorang, baik dalam melakukan sesuatu maupun tidak.Pemimpin yang berhasil harus memiliki beberapa kriteria yang bergantung pada sudut pandang atau pendekatan yang digunakan, baik itu kepribadian, keterampilan, bakat, sifat, atau otoritas yang dimiliki, pada dasarnya setiap organisasi memiliki seorang pemimpin . setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinan tersendiri dalam mengatur organisasi atau institusinya. sama halnya dengan lembaga pemasyarakatan . untuk mencapai tujuan dari sistem pemasyarakatan di butuhkan seorang pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan  efektif untuk di terapkan di lembaga pemasyarakatan. selain itu penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang di maksud untuk menganalis tipe ipe gaya kepemimpinan serta kelebihan dan kekurangan  dalam masing masing tipe kepemimpinan.


Keywords


Gaya Kepemimpinan , Pemimpin , Pemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Fitriastuti, T. (2011). PENGARUH TIPE KEPEMIMPINAN PADA PERSEPSI POLITIK DAN OUTCOMES ORGANISASIONAL DENGAN INGRASIASI SEBAGAI. 15, 1–19.

Haryono, S. (2015). Intisari Teori Kepemimpinan.

Maxwell, J. C. (2005). The 360 Leader.

Pemasyarakatan. (1995). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 12 TAHUN 1995.

rizqiyahratna. (2015). Tipe – Tipe Kepemimpinan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Wordpress.Com. https://rizqiyahratna.wordpress.com/2015/04/01/tipe-tipe-kepemimpinan-beserta-kelebihan-dan-kekurangannya/

Saefudin, W. (2020). Psikologi Pemasyarakan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.777-785

Article Metrics

Abstract view : 578 times
PDF - 478 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.