PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI INSTANSI PEMASYARAKATAN

Indah Noor Ramadhani, Iqbal Rafi’ Athallah

Abstract


Direktorat Jenderal Pemasyarakatan adalah salah satu dari 11 unit utama dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mempunyai jumlah petugas yang bisa dibilang banyak dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Untuk itu diperlukan peran seorang pemimpin di setiap lingkup instansi pemasyarakatan. Tantangan seorang pemimpin pada era sekarang tidak hanya berkaitan dengan bagaimana pemimpin tersebut mengatur seluruh tugas dan kewajibannya, melainkan juga bagaimana pemimpin tersebut mampu mengelola seluruh petugas yang berada dibawahnya. Pada gaya kepemimpinan yang ada di lingkungan pemasyarakatan ada 3 yaitu Gaya Kepemimpinan Transaksional, Transformasional, dan Laissez Faire. Dari ketiga gaya kepemimpinan yang ada di lingkungan pemasyarakatan memiliki peran dan karakter pemimpin yang berbeda pada setiap pemimpin yang memimpin suatu organisasi. Gaya kepemimpinan yang diterapkan di suatu instansi pemasyarakatan memiliki pengaruh yang baik dan buruk bagi setiap pegawai dan bawahan serta dapat mempengaruhi kinerja dari pegawai dan bawahan tersebut dalam melakukan pekerjaan di organisasi yang ada. Dari ketiga gaya kepemimpinan tersebut gaya kepemimpinan Laissez Faire adalah gaya kepemimpinan yang paling pasif dan kurang efektif apabila digunakan pada sebuah organisasi, sedangkan gaya kepemimpinan Transformasional dan Transaksional adalah gaya kepemimpinan yang dianggap lebih baik daripada gaya kepemimpinan Laissez Faire. Dampak positif yang ditimbulkan dari gaya kepemimpinan Transaksional dan Transformasional berpengaruh terhadap para bawahan dan pegawai dalam melakukan kinerjanya. 


Keywords


Gaya, Instansi, Kepemimpinan, Kinerja, Pemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Gede, I. K., & Piartini, P. S. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Yang Dimoderasi Oleh Motivasi Kerja Pada Bpr Se-Kecamatan Sukawati Gianyar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(2018), 1107-1134.

Hasni, P., Noviantoro, D., & Septianti, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Win Acces Telecommunication Palembang Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 27-35.

Hilmawan, H., & Yumhi, Y. (2019). Pengaruh Komunikasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Rutan Klas IIB Rangkasbitung. The Asia Pacific Journal Of Management Studies, 6(1).

Mamuaya, S. K., Rares, J. J., & Areros, W. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado. Agri-Sosioekonomi, 17(1), 125-134.

Marjaya, I., & Pasaribu, F. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 129-147.

Pandensolang, O. N., Sudjadi, A., & Indyastuti, D. L. (2021). Perbedaan Antara Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja Karyawan Dan Dukungan Sosial Narapidana Di Lapas High Risk Dan Lapas Medium Risk Nusakambangan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 23(1), 59-73.

Ritonga, T. E. J., & Tarigan, U. (2015). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Sub. Dolog Wil. IV Padangsidimpuan (Studi pada Kantor Sub. Dolog Wil. IV Padangsidimpuan). Jurnal Administrasi Publik: Public Administration Journal, 5(1), 79-91.

Rizky, D. A. (2017). Studi Perbandingan Gaya Kepemimpinan Kerja Tim, Kultur Organisasi, dan Intensi Berwirausaha pada Pegawai Lembaga Pemasyarakatan A, B dan C. Journal of Government and Civil Society, 1(1), 1-21.

Saputri, R., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Departemen Production di PT Cladtek Bi-metal Manufacturing Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 307-316.

Suryani, N. L. (2017). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(1), 160.

Widiastuti, I. (2018). Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di dinas pendidikan kota bandung. Jurnal Ilmiah WIDYA, 4(3).

Yulianti, R. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Propinsi Banten. Sawala: Jurnal Administrasi Negara, 3(2).

Rivai, H.A. (2001). Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja dan Komitnen Organisasional Terhadap Intensi Keluar (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Kartono, Kartini. (2011). Pemimpin dan Kepemimpinan, Cetakan ke-18. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

A .W. Widjaja.2006. Peranan Motivasi Dalam Kepemimpinan, Penerbit Akademi Pressindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.769-776

Article Metrics

Abstract view : 312 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.