PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN TENAGA KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI

Muhammad Farhan Abdillah, Novrianza Novrianza

Abstract


Gaya Kepemimpinan yaitu salah satu komponen terhadap kepuasan tenaga kerja di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan sesuai dengan tujuan dan visi misi perusahaan tersebut. Kinerja pegawai merupakan salah aspek utama pada pengendalian pola kinerja di perusahaan, sementara pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan tenaga kerja yang dilakukan oleh seorang pemimpin merupakan contoh utama sebagai patokan dalam melaksanakan kinerja di perusahaan tersebut. Gaya kepemimpinan yaitu salah satu cerminan yang dapat menginspirasi dan mengkomunikasikan tujuan perusahaan yang baik sehingga pada nantinya mencapai keberhasilan perusahaannya, dan juga akan meningkatkan motivasi dan kinerja pegawai pada perusahaan tersebut. Jenis penelitian ini  dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sumber yang digunakan melalui analisis dokumen yang bersumber dari buku,jurnal,artikel dan lain-lain. Pada nantinya hasil tersebut menunjukkan bahwa pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan tenaga kerja untuk meningkatkan kinerja pegawai memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan terhada kinerja pegawai dan  kepuasan tenaga kerja.


Keywords


Gaya Kepemimpinan,Kepuasan Tenaga Kerja, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji.2003. Psikologi Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta

Darwito, 2008. Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan.Kota Semarang.Universitas Diponegoro.

Armanu Thoyib, 2005, ”Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja:Pendekatan Konsep,” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan,” Vol. 7, No. 1, Maret 2005.

Masrukin dan Waridin, 2006, Analisis Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Budaya Organisasi dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pengelolaan Pasar Daerah di Kabupaten Demak, Ekobis. Semarang.

Sholeha,Euis, dan Suzy,1996.Kepemimpinan yang efektif Tinjauan dan Implementasinya Bagi Pencapaian Tujuan Organisasi,Jurnal Gema Stikubank.

Alimuddin, 2002, Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Badan Pengawasan Daerah Kota Makassar, Tesis, Program Pasca Sarjana Magister.

Marini, Linda Maulida.Jurnal Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan.Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.657-663

Article Metrics

Abstract view : 182 times
PDF - 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.