ANALISIS PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSIF BUYING PADA RAMAYANA LAWU PLAZA MADIUN

Irfan Iman Akbar Saputra, Sugeng Purwanto

Abstract


PenelitianfinifbertujuanfuntukfmengetahuifpengaruhfPricefDiscount, Store Atmosphere terhadap Impulsif Buying. Penelitian ini dilakukan di Ramayana Lawu Plaza Madiun. Jumlahfsampelfyangfdiambilfsebanyak 105fresponden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulanfdatafdilakukanfmelaluifpenyebaranfkuesioner dengan sampel yaitu konsumen yang pernah membeli barang baik secara keseluruhan atau sebagian dengan tidakfterencanafdifRamayana Lawu Plaza Madiun. Teknikfanalisisfyangfdigunakanfyaitu menggunakan aplikasi Partial least squares (PLS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa: 1) Price discount berpengaruh signifikan terhadap impulsif buying. 2) Store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap impulsif buying. Agar calon konsumen dapat melakukan impulsif buying, Ramayana Lawu Plaza Madiun disarankan memberikan penawaran mengenai price discount (potongan harga) yang menarik dengan beberapa metode price discount dan mengoptimalkan store armosphere yang diciptakan gerai sesuai dengan event harian.


Keywords


Diskon Harga, Suasana Toko, Pembelian Impulsif.

Full Text:

PDF

References


Asterrina, Febrya. 2013. Pengaruh Discount terhadap Perilaku Impulse Buying. Depok: Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Skripsi tidak Dipublikasikan.

Geladi, Paul & Bruce R. Kowalski.1986. Partial Least Square Regression: A Tutorial. Analytica Chimica Acta. 185:1-17.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumilang, Wayan Aris., dan I Ketut Nurcahya. 2016. Pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying. E- Jurnal Manajemen Unud. Vol. 15. No. 3. Hal. 1859-1888.

Hair Jr, Joseph F., Robert P. Bush., and David J. Ortinau. 2006. Marketing Research. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jane, Rini. 2015. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Impulse Buying. Depok: Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Skripsi tidak Dipublikasikan.

Jogiyanto, H.M. 2009. Teknologi Sistem Informasi edisi tiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Alih Bahasa: Bob Sabran, M.M. Edisi Keduabelas. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lin, N. H. and Bih-Shya Lin. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal Of International Management Studies. Vol. 4(4), pp. 481-504.

Lupiyoadi, Rambat dan Ridho Bramulya Ikhsan. 2015. Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, John C., dan Michael Minor. 2001b. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Lina Salim, S.E., M.B.A., M.A. Edisi Kelima. Jilid 2. Jakarta:Erlangga.

Ramayana. Tentang Ramayana. Diakses pada tanggal 30 October 2020 19:10. https://www.cnbcindonesia.com/market/20201030182119-17-198236/ya-ampun-ramayana-hero-matahari-kompak-rugi-di-q3

Sari, D. A. T. dan Suryani, A. 2014. Pengaruh Merchandising, Promosi dan Atmosfir Toko Terhadap Impulse Buying Studi Kasus di Tiara Dewata SupermarketDenpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(4), h: 851-867.

Septenawati, N. P. I. 2007. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulsive Buying) Pada Toko Seba Ada (Studi Kasus Ramayana Hardy’s Mall Denpasar). Tesis Program Magister Manajemen Fakultar Ekonomi Universitas Udayana, Denpasar.

Yistiani, N. N. M., Kerti Yasa, N. N., dan Suasana, I.G.A. K. G. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Departement Store Duta Plasa Di Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 6(2), h: 139-149.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.620-627

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.