ANALISIS KEPEMIMPINAN SITUASIONAL DALAM MEMPENGARUHI KEPUASAN KERJA PEGAWAI

Ahmad Agung Raharjo, Galih Zhoohiru P

Abstract


Kepuasan kerja dari pegawai merupakan salah satu keberhasilan bagi seorang yang memimpin suatu organisasi. Seorang pemimpin ditunjuk berdasarkan hasil dari kerja kerasnya selama dia bekerja sebelumnya, tentu sebagai seorang pemimpin ditunjuk karena hasil kerjanya yang dianggap baik dan dipercaya dari organisasi tersebut. Kepuasan kerja pegawai dapat dilihat dari perlakuan pemimpinnya terhadap mereka. Tujuan penelitian untuk menganalisis apakah gaya kepemimpinan situasional mempengaruhi kepuasan kerja pegawainya daIam melaksankan tugas. Metode analisis penelitian ini memakai deskriptif penelitian kualitatif dengan cara Iiterature review, artikel yang diperoleh untuk analisis ini disatukan dengan menggunakan apikasi pencari Garuda. Kriteria artikel yang digunakan adalah yang diterbitkan tahun 2015-2019 dan beberapa buku. Berdasarkan artikel dan buku yang dikumpulkan didapat hasil bahwa kepemimpinan situasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Kebanyakan dari pegawai lebih cenderung menyukai gaya kepemimpinan situasional karena dapat membuat kemudahan dari pegawai untuk membuat perencanaan kerja bagi organisasi dan daIam mengontrol pegawai daIam mencegah hal yang tidak diinginkan.Oleh karena itu kepemimpinan yang baik daIam penyesuaian lingkungan sering kali mengarah pada kepuasan kerja

Keywords


Kepemimpinan,Kepemimpinan Situasional,Kepuasan kerja pegawai

Full Text:

PDF

References


Natta, Roy Rajendra, dkk. 2017.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Motivasi KerjaTerhadap Kepuasan Kerja Pegawai Sekretariat DPRD di Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Katalogis. Vol.5 No. 9 (118-124).

Untari, Riski Dwi, dkk. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Terhadap Kinerja Aparatur Desa di Desa Tamansari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember

Lapi,Yusuf.Pengaruh Gaya Situasional Terhadap Kinerja Pegawai. (Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Fak-fak).

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. (2005). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Noor, Roy R.A, dkk. 2019. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt.Bank Kalteng Cabang Puruk Cahu).Jurnal Bisnis dan Pembangunan.Vol 8, No.1 (2541-187X).

Siswanto, Bedjo, 1989, Manajemen Tenaga Kerja, Sinar Baru, Bandung.

Martoyo, Susilo, 1990, Manajemen Sumberdaya Manusia Edisi Kedua Cetakan Pertama, BPFE, Yogyakarta

Dharma, Agus, 1986, Gaya Kepemimpinan Yang Efektif Bagi Manajer, CV Sinar Baru, Bandung.

Bernadine R Wirjana dan Susilo Supardo (2006) Kepemimpinan: Dasar-dasar Pengembangannya, Andi Offset, Yogyakarta

Liow, Swingli R, dkk. 2018.Kepemimpinan Situasional Bupati Periode 2013-2018 DaIam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Minahasa. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan. Vol. 1 No. 1 Th.2018

Arifianto, C.F. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Karyawan PT DOM Pizza Indonesia Area Tangerang Raya. Jurnal Kreatif, 1-8. Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Hariandja, Marihat Tua Efendi, 2002, “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Grasindo, Jakarta.

Prayatna, Agus Heri dan Made Subudi. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada Fave Hotel Seminyak. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2): pp: 845-872.

Siagian, Tomy Sun dan Hazmanan Khair. 2018. “Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol 1 No.1, September 2018. 59- 70.

Aisyah, Sitti dan Soltan Takdir. 2017. Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah. Vol. 2 No. 2 Th. 2017(119-132).

Kasminah, dkk. 2016. Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional Pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kepulauan Riau. (Naskah Publikasi).Tanjung pinang: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Maritim Raja Ali Haji.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.647-656

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.