ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK HASIL KERJA NARAPIDANA DI LAPAS KELAS I CIPINANG

Lisa Apriana, Arisman Arisman

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk hasil kerja Narapidana Lapas Kelas I Cipinang dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weaknes, Opportunities, Threat). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung di lapangan dengan memantau program bimbingan kerja dan proses pemasaran produk hasil kerja Narapidana.  Pengumpulan data juga diperoleh dari hasil wawancara dengan beberapa petugas pada bidang bimbingan kerja di Lapas Kelas I Cipinang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan dilakukannya penelitian menggunakan analisis SWOT, maka dapat menggunakan beberapa alternatif strategi-strategi sebagai berikut, yaitu strategi SO : menjaga hubungan yang baik dengan pihak ketiga, memanfaatkan SDM yang ada, dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pemasaran, strategi ST : memanfaatkan sosial media untuk proses pemasaran secara online dan menggunakan bahan baku secara optimal, strategi WO : meningkatkan teknologi produksi untuk memenuhi permintaan pasar, menambah pengetahuan pada kemampuan manajerial dan meningkatkan media promosi, strategi WT : mencari pinjaman modal untuk memulai proses produksi  dan memaksimalkan kualitas produk.


Keywords


analisis SWOT, strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 58–70.

Biantong, I., & Maharani, G. D. (2020). Meningkatkan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil. 7(4), 708–716

Haslinda. (2017). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Pada Pt. Seloko Batam Shipyard. 144.

Melati, I. S., Margunani, M., Mudrikah, S., & Pitaloka, L. K. (2020). Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 155. https://doi.org/10.20956/pa.v4i2.7685

Muharam, H. (2019). Orientasi Kewirausahaan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Perkembangan Usaha ( Studi pada Industri Kecil Bidang Agro dan Hasil Hutan di Kabupaten Garut ) Husni Muharam Abstrak. Wacana Ekonomi, 18(2), 009–021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.673-681

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.