HUBUNGAN PROSES DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MATERI POKOK INVESTASI PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Fatimah Sahro, Yani Sukriah Siregar

Sari


Metode Penelitian yang digunakan asosiatif adalah suatu hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Jadi bukan bukan hubungan kuasal maupun interaktif. Kepustakaan (Library Research) dan Penelitian Lapangan (Field Research) dan jenis penelitiannya adalah asosiatif: “Suatu hubungan antara dua variabel atau lebih yang kebetulan munculnya bersama. Sedangkan populasi penelitian adalah 57 orang peserta didik, sebagai sampel adalah kelas XI dengan jumlah 57 peserta didik Jadi bukan hubungan maupun interaktif dengan mempergunakan perhitungan secara product moment oleh Person dengan rumus sebagai berikut :


Berdasarkan analisa data diatas, maka diperoleh nilai hitung = 1,000. Selanjutnya penulis menetapkan nilai rxy tabel pada taraf kesalahan 5 % dengan N = 57 orang peserta didik adalah 0,266 dan taraf kesalahan 1 % adalah 0,345 (lihat daftar harga r terlampir). Untuk menguji kebenaran hipotesis dilakukan dengan ketentuan melihat hubungan nilai rxy hitung dengan rxy tabel, dimana apabila nilai rxy hitung lebih besar atau sama dengan rxy tabel maka hipotesis alternatif (Ha) tidak diterima kebenarannya dan H0 diterima, dan sebaliknya apabila nilai rxy hitung lebih kecil dari rxy tabel, maka Ho diterima dan Ha tidak diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar, Akuntansi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar Syaifuddin, 2010, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Achmad Sugandi dkk, 2004, Teori pembelajaran .Semarang: Unnes Press

Budiningsi C.Asri, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Bahri Syaiful dan Aswan Zain, 2007, Strategi Belajar Mengajar .Jakarta: Rineka Cipta

Deliarnov 2003, Perkembangan Pemikiran Ekonomi. Jakarta: PT, Raja Grafindo Persada

Dalyono.M, 2010, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta

Erman Suherman dkk.2003 Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia

Hadi Sutrisno, 2002 Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Masrum, 2003, Metodologi Research,Yogyakarta: UGM

Masri Singarimbun, dan Efendi,Sofyan, 2006, Metode Penelitian Survei LP3ES. Jakarta

Netra I.B, 2004, Statistik Infrensial, Surabaya: Usaha Nasional


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.