IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE SWOT UPAYA MENINGKATKAN KONSUMEN DALAM USAHA STEAM MOTOR NARAPIDANA LAPAS KELAS IIA LAHAT

Novaldi Eka Saputra, Arisman Arisman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan strategi peningkatan konsumen dalam usaha program pembinaan kegiatan kerja. Pada strategi pemasaran steam motor Lapas Kelas IIA Lahat menggunakan analisis SWOT dengan maksud untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan yang dilakukan dengan Matriks IFE dan EFE. Menguraikan factor – faktor peluang dan ancaman pada  Lembaga Pemsyarakatan Kelas IIA Lahat dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi UPT saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari factor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, masing – masing diperoleh nilai kekuatan paling tinggi 0,55, nilai kelemahan paling tinggi 0,40, sedangkan nilai peluang paling tinggi 0,55, dan nilai ancaman paling tinggi 0,44. Skor rata – rata pada matriks IFE bernilai 3,89 sedangkan matriks EFE bernilai 4,05. Dengan beberapa nilai tersebut menempatkan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Lahat pada kuadran I dan pengembangan pembinaan kegiatan kerja  yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif agar pembinaan menjadi lebih baik.


Keywords


Program Pembinaan Kegiatan Kerja, Matriks SWOT, Metode SWOT

Full Text:

PDF

References


Ahmad AS. PERAN NARAPIDANA DALAM PROGRAM PEMBINAAN KEROHANIAN

AGAMA ISLAM. Published online 2018.

Astuti, Anissa Mayang Indri, and Shinta Ratnawati. 2020. “Analisis SWOT Dalam

Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Di Kantor Pos Kota Magelang 56100).” Jurnal Ilmu Manajemen 17(1):58–70.

Hartono, Hartono. 2019. “Konsep Pembinaan Anak Dalam Lembaga Pembinaan

Khusus Anak (LPKA) Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia.” Yuriska : Jurnal Ilmiah Hukum 11(1):74. doi: 10.24903/yrs.v11i1.458.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.582-590

Article Metrics

Abstract view : 65 times
PDF - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.